Konsep Harga Jual Mashlahah Berbasis Nilai-nilai Islam

Alimuddin (2011) Konsep Harga Jual Mashlahah Berbasis Nilai-nilai Islam. Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menemukan nilai-nilai Islam yang dapat digunakan untuk menyusun konsep harga jual Islami. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode bayani, burhani, dan irfani . Penelitian dilakukan pada pemilik dan manajemen beberapa perusahaan yang dikelola secara Islami dan beberapa cendikiawan muslim Indonesia sebagai informan. Dari berbagai macam nilai yang ada di dalam Islam, terdapat empat nilai yang dijadikan dasar untuk menyusun konsep harga jual Islami. Keempat nilai tersebut, yaitu: kejujuran, keadilan, kemanunggalan, dan kehambaan. Pemilihan salah satu nilai tersebut di dalam penyusunan konsep harga jual menentukan tingkatan keimanan dan kecintaan pedagang kepada Pencipta-nya. Tingkatan nilai terendah hingga tertinggi dari keimanan dan kecintaan pedagang dimulai dari nilai kejujuran hingga nilai kehambaan. Konsep harga jual berbasis nilai kejujuran adalah consistency market mechanism . Sedangkan berbasis nilai keadilan adalah cost-plus pricing . Sementara berbasis nilai kemanunggalan adalah adjusted price dan berbasis nilai kehambaan adalah pricing by buyers . Pada aspek epistemologi Islam, Konsep harga jual dengan metode bayani adalah murabahah dan metode burhani adalah market mechanism serta metode irfani adalah ihsan price. Secara umum, konsep harga jual Islami adalah mashlahah price , yaitu konsep harga jual yang berorientasi pada kepentingan dunia dan akhirat, material dan spiritual, serta individual dan kolektif.

English Abstract

This research aims to explore the values of Islam which can be used to formulate an Islamic price concept. Analysis is carried out by bayani , burhani and irfani methods. This research involves owners and managers of several companies ran in Islamic manner and several Indonesian Muslim scholars as informants. Of all the values in Islam, there are four values which serve as the bases for formulating the Islamic price concept. They are: honesty, justice, unity and devoutness. The choice of one of these values in the formulation of price concept will determine the depth of faith and love of a merchant to the Creator. The lowest to the highest level of faith and love of a merchant ranges from honesty to the value of devoutness. The concept of honesty-based price is the consistency of market mechanism. While the justice basis for selling price is the cost-plus pricing. The unity basis for price is the adjusted price and the devoutness basis for the price is pricing by buyers. In the epistemology of Islam, the concept of price as approached from the bayani method is the murabahah and as approached from the burhani method is the market mechanism, and from the irfani method is the ihsan price. In general, the price concept is the mashlahah price, that is a price which is orientated towards the good in the present world and after life, the good in material and spiritual sense as well as in individual and collective sense.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/658.81/ALI/k/061102527
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 08 Nov 2011 11:01
Last Modified: 08 Nov 2011 11:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161287
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item