Pengaruh e-WOM terhadap Citra Destinasi, Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan Nusantara

Setiawan, PutuYudi (2013) Pengaruh e-WOM terhadap Citra Destinasi, Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan Nusantara. Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berbagai studi mengenai komunikasi word-of-mouth ( WOM) telah banyak dilakukan oleh para peneliti di bidang pemasaran sejak lama. Seiring berkembangnya teknologi internet, muncul pula electronic word-of-mouth (eWOM) sebagai bentuk lain dari WOM tradisional. Dewasa ini, para peneliti pemasaran mulai tertarik untuk melakukan studi mengenai eWOM. Namun demikian, penelitian yang menganalisis peran eWOM dalam konteks pemasaran pariwisata masih sangat jarang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran eWOM dalam konteks pemasaran pariwisata dengan menguji hubungan kausal antara variabel-variabel eWOM, citra destinasi, kepuasan dan loyalitas. Sebuah model struktural yang terdiri dari keempat variabel tersebut dikembangkan berdasarkan studi literatur yang dilakukan. Model yang telah dihasilkan ini kemudian dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Sampel sebanyak 150 orang wisatawan nusantara dikumpulkan pada beberapa lokasi tujuan wisata utama di sekitar kota Denpasar – Bali. Instrumen pengukuran dikembangkan dengan cara mengadaptasikan skala yang telah digunakan pada literatur-literatur pemasaran yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eWOM terbukti memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap citra destinasi . Meskipun pengaruhnya secara langsung terhadap kepuasan dan loyalitas tidak signifikan, namun eWOM dapat memberikan pengaruh secara tak langsung terhadap kepuasan dan loyalitas yang dimediasi secara penuh oleh citra destinasi. Temuan-temuan dalam penelitian ini berhasil memberikan implikasi penting pada teori dan praktek pemasaran pariwisata. Model struktural yang dihasilkan dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi pengembangan konsep dan teori pemasaran pariwisata, disamping dapat menjadi panduan bagi pengambil keputusan di sektor pariwisata dalam menentukan skala prioritas penyusunan strategi pemasaran wisata.

English Abstract

Many studies on word-of-mouth communication (WOM) has long been conducted by marketing researchers. In line with the advance of internet technology development, electronic word-of-mouth (eWOM) has emerged as the new form of traditional WOM. Nowadays, marketing researchers are interested in conducting studies regarding eWOM. However, only few studies emphasize on the role of eWOM in the field of tourism. The objective of this research was to examine the causal relationships among eWOM, destination image, tourist satisfaction and tourist loyalty. A structural model consisted of those variables were developed based on literature review. This model was analyzed using Structural Equation Modeling (SEM). Sample of 150 domestic tourists were collected in major tourism destinations around Denpasar – Bali. Measurement items were adapted from existing scales found in marketing literature. The result indicates that eWOM has a significant direct effect on destination image, while it`s indirect effect on tourist satisfaction and loyalty are completely mediated by destination image. The findings offer important implications for tourism marketing theory and practice. The structural model resulted give a valuable contribution to the development of tourism marketing concept and theory, as well as a reference for strategic planning in tourism industry sector.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/658.8/SET/p/061404215
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 30 Oct 2014 12:15
Last Modified: 30 Oct 2014 12:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161285
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item