Peran Gejolak Pasar dan Budaya sebagai Moderasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran (Studi pada Industri Hotel Melati di Jawa Timur)

Maduwinarti, Ayun (2011) Peran Gejolak Pasar dan Budaya sebagai Moderasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran (Studi pada Industri Hotel Melati di Jawa Timur). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis: (1) pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran, (2) pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran, (3) pengaruh gejolak pasar dan budaya terhadap kuat/lemahnya pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran, (4) pengaruh gejolak pasar dan budaya terhadap kuat/lemahnya pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran. Populasi penelitian ini adalah seluruh hotel melati di Jawa Timur yaitu sebanyak 463 hotel melati yang tersebar di Kota/Kabupaten di Jawa Timur. Unit sampelnya adalah hotel melati dengan responden adalah pemilik/manajer hotel melati, sebanyak 90 orang. Penetapan sampel dilakukan dalam dua tahap, pertama Wilayah sebagai sampel ditetapkan dengan menggunakan Judgment Sampling . Sampel hotel untuk masing-masing kota/kabupaten yang sudah terpilih ditetapkan dengan cara Proportional Area Random Sampling . Analisis data penelitian menggunakan PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Orientasi kewirausahaan berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran. Konsep orientasi kewirausahaan erat kaitannya dengan kemampuan yang dimiliki individu dalam mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya dan kemampuan untuk melihat peluang usaha. Lemahnya orientasi kewirausahaan menjadikan pemilik/manajer hotel melati di Jawa Timur tidak cukup inovatif, proaktif dan kurang berani mengambil resiko dalam mencari peluang-peluang usaha baru. Orientasi pasar terbukti berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran. Hotel melati yang berorientasi pasar dalam pengelolaannya akan lebih memusatkan perhatian pada pelanggan, hal ini berarti akan menuntun pemilik/manajer hotel melati lebih memusatkan upaya mengikat pelanggan potensial dalam upaya meningkatkan tingkat hunian kamar. Pemilik/manajer hotel melati yang berorientasi pasar akan secara terus menerus berusaha untuk mengetahui dan menanggapi kebutuhan dan preferensi tamu agar dapat selalu memenuhi kebutuhan para tamu dengan lebih baik dibandingkan pesaingnya. Gejolak pasar sebagai variabel moderator memperlemah pengaruh orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran. Hal ini mengindikasikan bahwa gejolak pasar tidak memiliki efek moderasi pengaruh orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran. Budaya merupakan moderasi semu pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. Koefisien interaksinya positif, sehingga budaya sebagai moderasi memperkuat pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. Orientasi kewirausahaan ternyata secara langsung tidak mampu meningkatkan kinerja pemasaran, akan tetapi setelah di moderasi dengan budaya maka memperkuat pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. Artinya pemilik/manajer dalam melaksanakan orientasi kewirausahaan (inovatif, proaktif dan keberanian mengambil resiko) harus mempertimbangkan budaya masyarakat sehingga mampu meningkatkan kinerja pemasaran.

English Abstract

The objectives of this research w ere to examine and analyze : (1) the effect of entrepreneurial orientation toward marketing performance, (2) the effect of market orientation toward marketing performance, (3) the effects of market turbulence and culture on the strong/weak impact of entrepreneurial orientation toward marketing performance, (4) the effects of market turbulence and culture on the strong/weak impact of market orientation toward marketing performance . The population s of this study w ere all `Melati` hotels in East Java, as many as 463 hotels spread across cities/regencies in East Java. The sample units were the `Melati` hotels and the respondents were the owners/managers of `Melati` hotels, as many as 90 people . The samples were determined through two stages: the sample area was determined by using Judgement Sampling and the sample of hotels in each city/region which have been selected was defined by Proportional Area Random Sampling. The data analysis used was PLS (Partial least Square). The research result showed that entrepreneurial orientation did not have a significant effect on marketing performance. The concept of entrepreneurial orientation was closely related to the individuals` abilities to develop the potential of his and the ability to seek business opportunities. Since the entrepreneurial orientation is weak, the owners/managers of `Melati` hotels in East Java are not quite innovative, proactive and less willing to take risks in finding new business opportunities. It was evident that market orientation was influential to marketing performance. `Melati` hotels which are market-oriented will focus more on the customers, meaning that the owners/managers should focus on the efforts of improving occupancy levels. The owners/managers of `Melati` hotels would continually search and respond to the guests` needs and preferences in order to always satisfy the guests better than their competitors. The market turbulence as a moderating variable weakened the influence of entrepreneurial orientation and market orientation toward marketing performance . This suggests that fluctuations in the market do not have a moderating effect on the influence of entrepreneurial orientation and market orientation toward marketing performance. Culture is obviously a moderating effect on entrepreneurial orientation toward marketing performance. There was a coefficient of positive interaction, therefore, culture as the moderator strengthened the influence of entrepreneurial orientation toward marketing performance. Entrepreneurial orientation was not directly capable to improve marketing performance, but after experiencing a moderation with culture, it strengthened the effect of entrepreneurial orientation toward marketing performance. This means that owners/managers in carrying out entrepreneurship orientation (innovative, proactive, and courage to take risks) should consider the culture of the community to improve marketing performance.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/658.8/MAD/p/061105106
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 12 Jan 2012 10:13
Last Modified: 12 Jan 2012 10:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161284
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item