Kapabilitas Pemasaran sebagai Mediasi Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Pembelajaran dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran (Studi pada Usaha Menengah di Sulawesi Tenggara)

Halim (2012) Kapabilitas Pemasaran sebagai Mediasi Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Pembelajaran dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran (Studi pada Usaha Menengah di Sulawesi Tenggara). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kinerja pemasaran perusahaan menjadi perhatian utama para akademisi dan praktisi dan kapabilitas pemasaran merupakan media yang menjembatani cara pandang atau orientasi bisnis pelaku usaha. Artinya orientasi bisnis akan mampu meningkatkan kinerja pemasaran lebih efektif ketika dimediasi oleh kapabilitas pemasaran. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan konsep orientasi bisnis yang meliputi orientsi pasar, orientasi pembelajaran dan orientasi kewirausahaan dengan menekankan peran kapabilitas pemasaran dalam usaha meningkatkan kinerja pemasaran. Penelitian ini mengembangkan bidang startegi pemasaran yang merupakan perpaduan antara bidang pemasaran dan strategi. Usaha mencapai tujuan penelitian ini dilakukan dengan mengkaji usaha menengah. Jumlah sampel sebanyak 158 perusahaan yang tersebar di 6 kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara. Hasil analisis menemukan bahwa kapabilitas pemasaran berperan sebagai mediasi penuh yang menghubungkan orientasi pembelajaran dan orientasi kewirausahaan dengan kinerja pemasaran. Namun kapabilitas pemasaran belum mampu memediasi hubungan antara orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran. Orientasi pasar secara individual menentukan kinerja pemasaran. Selain itu penelitian ini juga menemukan bahwa kapabilitas pemasaran dipengaruhi langsung oleh orientasi pembelajaran dan orientasi kewirausahaan, namun orientasi pasar bukan penentu kapabilitas pemasaran.

English Abstract

A company ‟ s marketing performance has become the main consideration of scholars and practitioners, and marketing capability serves as a medium interconnecting business practitioners ‟ view point or orientation. This mean that business orientation will be able to improve marketing performance more effectively when being mediated by marketing capability. Based on that background, the objective of this research is to develop a business orientation concept that covers market orientation, learning orientation, and entrepreneurial orientation which emphasizes the role of marketing capability within the effort for improving marketing performance. This research develops the aspect of marketing strategy as a combination of marketing aspect and strategy aspect. The objective of this research is achieved by analyzing medium enterprises. The sample was as many as 158 companies located in 6 regencies/municipalities in Southeast Sulawesi. The result of analysis shows that marketing capability serves as a full mediation that connects learning orientation and entrepreneurial orientation to marketing performance. However, marketing capability has not been able to mediate the relation between market orientation and marketing performance. Individually, market orientation determines the marketing performance. Besides, this research finds out that marketing capability is directly influenced by learning orientation and entrepreneurial orientation, but the market orientation does not determine marketing capability.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/658.8/HAL/k/061204550
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 23 Jan 2013 10:39
Last Modified: 23 Jan 2013 10:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161283
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item