Tontowi, ArifJauhar (2013) Pengaruh Strategi CSR (Corporate Social Responsibility) terhadap Penciptaan Nilai (Value Creation) dan Keuntungan Relasional (Relational Reward) dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Studi Empiris ten. Doctor thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Terdapat fenomena unik di Harian Jawa Pos, sebagai koran dengan oplah dan jumlah pembaca terbesar (lebih dari 1,4 juta) di Indonesia. Perusahaan ini telah menerapkan strategi CSR (Corporate Social Responsibility) sebagai bagian dari strategi pemasarannya. Implementasi CSR di Harian Jawa Pos dikenal dengan istilah `print off event`, yaitu kegiatan di luar cetak mencetak seperti: Development Basket Ball League (DBL) Indonesia, Untukmu Guruku, Smart Riding, Surabaya Green and Clean, NBA Madness by Jawa Pos , dll. Penelitian ini menguji dan menjelaskan pengaruh strategi CSR secara langsung terhadap kinerja pemasaran dan secara tidak langsung melalui variabel pemediasi penciptaan nilai dan keuntungan relasional. Alat analisis yang digunakan adalah Struktural Equation Modelling (SEM). Data diperoleh dari 115 responden pada unit pemasaran internal (manajer pemasaran dan event ) serta eksternal (agen-agen). Setelah dianalisis menghasilkan temuan ternyata; strategi CSR secara langsung tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran, namun secara tidak langsung, melalui variabel pemediasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Penelitian ini berhasil membuktikan ada dua variabel pemediasi yang berpengaruh sehingga kinerja pemasaran meningkat, yaitu penciptaan nilai dan keuntungan relasional. Dalam konteks teoritis, hasil penelitian ini menjadi daya tarik bagi peneliti-peneliti selanjutnya untuk mengeksplorasi lebih dalam dan lebih luas tentang kajian-kajian seputar pengaruh implementasi CSR terhadap kinerja perusahaan. Dalam konteks praktis, hasil penelitian ini akan mampu mendorong penerapan strategi CSR secara lebih luas di kalangan industri, karena ternyata misi sosial dan misi bisnis bisa disatukan secara sinergis jika implementasi CSR diintegrasikan menjadi bagian dari strategi perusahaan.
English Abstract
A distinct phenomenon has been found from Jawa Pos daily newspaper as the one with the highest amount of oplaag and readers (over 1.4 millions) in Indonesia. The company has implemented a CSR (Corporate Social Responsibility) stratety partaking its marketing strategies. The actual implementation of the strategy, known as `Print-Off Events` which, as the name suggests, means non-printing activities, consists of being the initiator of the following events: Development Basket Ball League (DBL) Indonesia, Untukmu Guruku, Smart Riding, Surabaya Green and Clean, NBA Madness by Jawa Pos, and many more. This study aimed at testing and describing how the CSR strategy influenced its marketing performance directly and indirectly through two mediating variables, namely, value creation and relational reward. Employing Structural Equation Modelling (SEM) as a primary means of analysis. Data were obtained from 115 respondents from different levels as the internal marketing unit (marketing and event managers) and the external one (agents). The analysis shows that the strategy does not directly have any significant influence towards the marketing performance, yet it indirectly has a significant influence. This study has succeeded in prooving that two mediating variables, namely, value creation and relational reward, contribute to the increase in the marketing performance after the newspaper company implements its CSR strategy. Theoretically, this study may draw future researchers` attention on the same topic to explore deeper and wider the effect of the CSR implementation towards the company performance. Practically, the result of the study would foster the implementation of CSR among the industrial world as social and business missions can be synergically saturated when the CSR strategy is integrated into the whole company`s strategies.
Item Type: | Thesis (Doctor) |
---|---|
Identification Number: | DES/658.408/TON/p/061303584 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management |
Divisions: | S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 01 Jul 2013 15:56 |
Last Modified: | 01 Jul 2013 15:56 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161241 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |