Makna Corporate Social Responsibility (CSR) bagi Manajemen Pabrik Gula PT. Kebon Agung (Studi pada Pabrik Gula PT. Kebon Agung, Malang, Jawa Timur)

Oktarizal, MuhamadAsrul (2013) Makna Corporate Social Responsibility (CSR) bagi Manajemen Pabrik Gula PT. Kebon Agung (Studi pada Pabrik Gula PT. Kebon Agung, Malang, Jawa Timur). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini adalah sebuah studi yang dilakukan pada Pabrik Gula PT. Kebon Agung Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan makna Corporate Social Responsibility (CSR) bagi pihak manajemen Pabrik Gula PT. Kebon Agung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain riset fenomenologi. Pada umumnya fenomenologi digunakan untuk menemukan suatu makna dari sebuah realitas. Peneliti menggunakan fenomenologi untuk menemukan makna CSR menurut pihak manajemen Pabrik Gula PT. Kebun Agung. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan diperkuat dengan beberapa dokumen serta catatan penting. Informan utama pada penelitian ini adalah, Manajer Tata Usaha dan Keuangan, Manajer Pabrikasi, Manajer Teknik, Manajer Tanaman, Kepala Bagian Umum dan Humas serta Komisaris. Temuan dari penelitian ini adalah bahwa CSR dimaknai sebagai pertanggungjawaban kepada masyarakat, lingkungan, dan negara. Dalam mewujudkan tanggungjawab perusahaan terhadap masyarakat pihak manajemen mengaplikasikannya dalam bentuk kegiatan amal atau sumbangan, menciptakan lapangan pekerjaan, dan membina kerjasama yang baik dengan para petani. Tanggung jawab terhadap lingkungan diaplikasikan dengan pengelolaan limbah, dan penggunaaan pupuk kompos dalam proses penanaman pohon tebu. Sedangkan tanggung jawab terhadap negara diwujudkan dengan cara berperan aktif dalam pembangunan nasional, salah satunya adalah menekan harga gula dan meningkatkan jumlah produksi gula

English Abstract

This research is a study at Sugar Factory of PT. Kebon Agung. The aim of this research is to find the meaning of Corporate Social Responsibility (CSR) for the management of Sugar Factory of PT. Kebon Agung. The research approach is qualitative approach with phenomenology research design. phenomenology is used to find a meaning of a reality Generally. Researcher uses phenomenology to find the meaning of CSR for management Of Sugar Factory Of PT Kebon Agung . The data collection techniques done with interviews added some important documents and records. Key informants in this study are, Manager of Administration and Finance, Manufacturing Manager, Engineering Manager, Plant Manager, Head of Public Relations, and Commissioner. Finding of this research are CSR is defined as responsibility to the society, the environment, and the state. Responsibility to the society applied in the form of charitable activities, creating of job opportunities, and good cooperation with the sugar cane farmers. Environmental responsibility also applied by waste management, and using of compost in planting process of sugar cane. And the last is responsibility to the state is realized by participating in national development actively, one of realization is depress the price of sugar and increase the amount of sugar production.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/658.408/OKT/m/041306332
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 06 Sep 2013 11:08
Last Modified: 06 Sep 2013 11:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161236
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item