Memperbarui Kesadaran dan Kepatuhan Berakuntansi, Berpajak dan Berzakat dengan Epistemologi Tajdid

Fidiana, - (2014) Memperbarui Kesadaran dan Kepatuhan Berakuntansi, Berpajak dan Berzakat dengan Epistemologi Tajdid. Doktor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbarui kesadaran dan kepatuhan berakuntansi, berpajak, dan berzakat dengan epistemologi tajdid . Berbasis trilogi Islam-Iman-Ihsan, penelitian ini mengungkap kesadaran dan kepatuhan tokoh Wahabi atas [akuntansi] zakat di level iman, ditandai dengan pelaksanaan zakat berikut akuntansinya yang melampaui tuntutan syariat. Sedangkan pada [akuntansi] pajak, penelitian ini memetakan sebuah kesadaran dan kepatuhan di maqam syariat bahkan cenderung prasyariat karena cacat secara nominal. Realitas ini diperbarui dengan menawarkan konsep cinta khaliq ( mahabbatullah ) tercermin dalam cinta makhluk (kerabat dan jemaat) dalam bentuk zakat juga cinta umat (negara) dalam bentuk pajak. Poin cinta ini dikonkritkan dengan konsep sedekah sebagai payung yang menyatukan pajak dan zakat ke dalam pola ibadah. Penyatuan konsep ini mengandaikan kesatuan pencatatan ( counting ) dan pertanggung-jawaban ( accountability ).

English Abstract

This research is aim to renew consciousness and compliance accounting, tax, and zakah by applying tajdid epistemology. Based on Islam-Iman-Ihsan trilogy, this research reveals [accounting] consciousness and compliance of Wahabi figure in iman (faith) degree, proved by zakat including accounting practices beyond the syariah. While in tax [accounting], this research is mapping consciousness and compliance in syariah` level even tend to pre- syariah because of imperfect on numeral aspect. This research offer Islamic charity ( sedekah ) as an umbrella which is unify tax as well as zakah into worship pattern. This unify suppose oneness of counting and accountability. Further, tauhid (belief of God`s Oneness) is operationalized through God`s love (real love) concept, manifested by tax and zakah loving in equal degree. This concept presuppose unity of counting and accountability.

Item Type: Thesis (Doktor)
Identification Number: DES/657/FID/m/061403470
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 04 Jul 2014 10:25
Last Modified: 13 Apr 2022 03:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161115
[thumbnail of Fidiana.pdf] Text
Fidiana.pdf

Download (169MB)

Actions (login required)

View Item View Item