Tinjauan Efek Aspek Emosi pada Integrasi Etika dalam Pembelajaran Auditing Berbasis Daring terhadap Pengambilan Keputusan Etis Akuntan Publik (Sebuah Studi Eksperimen)

SuryaningrumDiahHari (2014) Tinjauan Efek Aspek Emosi pada Integrasi Etika dalam Pembelajaran Auditing Berbasis Daring terhadap Pengambilan Keputusan Etis Akuntan Publik (Sebuah Studi Eksperimen). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh integrasi etika dan pembelajaran daring terhadap kemampuan akuntan publik melakukan pengambilan keputusan etis dan bagaimana emosi memengaruhi pengambilan keputusan etis tersebut. Enam puluh mahasiswa Program Pendidikan Profesi Akuntan (PPAk) sebagai penyulih Akuntan Publik berpartisipasi dalam penelitian eksperimen ini. Penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi integrasi etika dengan metode pembelajaran daring memengaruhi pegambilan keputusan etis. Partisipan yang mendapat integrasi materi etika dengan metode pembelajaran daring mempunyai keyakinan pengambilan keputusan etis yang lebih baik dibandingkan partisipan lainnya. Penelitian ini juga membuktikan bahwa perspektif irrasional seperti emosi memengaruhi pengambilan keputusan etis akuntan publik. Hasil ini mengimplikasikan bahwa contoh-contoh kasus audit dan praktek yang konsisten pengambilan keputusan etis tentang kehidupan sosial dapat membentuk ethical mind-set akuntan publik. Pembelajaran daring dengan keunggulan pembelajaran kapanpun dan di manapun mendukung terjadinya praktik pembelajaran yang konsisten.

English Abstract

This study aims to prove the effects of integrating ethics and online learning on public accountants` abilities in making ethical decision and how emotion influence ethical decision-making. Sixty students of professional accounting education program (PPAk) as surrogate for public accountants were taking part on this experimental study. This study shows that the interaction between the integration of ethics and online learning has significant effect on ethical decision-making. Participants who have ethics integration and online learning have a better belief in making ethical decision than others. This study proves that irrasional perspective such as emotion influence public accountants in making ethical decision. These results imply that audit case examples and consistent practice in ethical decision making that include social life will shape up accountant`s ethical mind-set. Online learning with its advantage in learning anytime and anywhere support this consistent practice in learning.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/657.450 285/SUR/t/061407986
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting > 657.4 Specific fields of accounting
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 22 Dec 2014 13:47
Last Modified: 22 Dec 2014 13:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161109
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item