Pengaruh Faktor Kualitas Audit terhadap Kepuasan Klien: Opini Going Concern sebagai Variabel Pemoderasi (Studi pada Perbankan di Indonesia)

Ikhsan, Arfan (2011) Pengaruh Faktor Kualitas Audit terhadap Kepuasan Klien: Opini Going Concern sebagai Variabel Pemoderasi (Studi pada Perbankan di Indonesia). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menguji dan menganalisis pengaruh faktor kualitas audit terhadap kepuasan klien: opini going concern sebagai variabel pemoderasi. Kepuasan klien audit merupakan tingkat dimana kebutuhan, keinginan dan harapan klien yang terpenuhi akan mengakibatkan pembelian ulang atau kesetiaan berlanjut. Kepuasan klien audit akan tercipta apabila auditor tetap mempertahankan faktor-faktor kualitas audit dalam melakukan jasa auditnya. Faktor-faktor tersebut terdiri: pengalaman audit, memahami industri klien, penguasaan standar akuntansi, independensi tim audit, sikap hati-hati tim audit, pelaksanaan audit lapangan dan standar etika. Populasi penelitian ini adalah internal auditor perusahaan perbankan di Indonesia. Sampel penelitian ini adalah pimpinan internal auditor. Penarikan sampel dilakukan dengan cara metode penarikan sampel acak sederhana ( simple random sampling ).Pengujian hipotesis dilakukan dengan dua cara: pertama, analisis regresi dan kedua moderated regression analysis (MRA). Dari 120 kuisioner yang dikirim, sebanyak 67 kuisioner yang kembali dan layak untuk diolah dengan tingkat tanggapan ( response rate ) sebesar 55,08 %. Secara simultan, pengujian model empiris menghasilkan bahwa pengalaman audit, memahami industri klien, penguasaan standar akuntansi, independensi tim audit, sikap hati-hati tim audit, pelaksanaan audit lapangan dan standar etika berpengaruh terhadap kualitas audit dan kualitas audit berpengaruh terhadap kepuasan klien. Hasil pengujian terhadap opini going concern yang merupakan variabel moderat diantara variabel kualitas audit terhadap kepuasan klien juga menghasilkan nilai yang signifikan dimana variabel ini memiliki pengaruh yang memoderasi diantara variabel kualitas audit dan kepuasan klien.

English Abstract

The aim of this research is to examined and to analysis the effect of audit quality factors on client satisfaction: going concern opinion as moderating variable. Audit client satisfaction are the level of needs, wish and client expectation one that accomplished will beget re-buying or loyalty continues. Audit client satisfaction will most compose if auditor to keep audits quality factor in do its audit service. The factors consist of: audit experience, industry expertise, accounting standard competence, auditor independence, field work conduct and ethical standard. Population of this research is the banking of auditor internal in Indonesia. The sampel of this research is a internal auditor leader. The sampling choice do by simple random sampling method. The examined hypothesis do by two way: first, regression analysis and second moderated regression analysis (MRA). From 120 questionnaire has send, amount 67 questionnaire has back and appropriate to manipulated with response rate around 55,08 %. Simultaneously, the result empirical model examination summarize is audit experience, industry expertise, accounting standard competence, auditor independence, field work conduct, and ethical standard effect to the audit quality and audit quality effect to the client satisfaction. The result examination to the going concern opinion as a moderating variabel between audit quality variable to the client satisfaction also result significant value whereas this variable have effect moderating between audit quality variable and client satisfaction.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/657.45/IKH/p/061102529
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting > 657.4 Specific fields of accounting
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 20 Sep 2011 17:02
Last Modified: 20 Sep 2011 17:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161105
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item