Analisis Dampak Pembangunan Jalan terhadap Pertumbuhan Usaha Ekonomi Rakyat di Pedalaman Kabupaten Sorong Selatan Provinsi Papua Barat (Studi Kasus di Distrik Ayamaru, Aitinyo dan Aifat)

Iek, Mesak (2010) Analisis Dampak Pembangunan Jalan terhadap Pertumbuhan Usaha Ekonomi Rakyat di Pedalaman Kabupaten Sorong Selatan Provinsi Papua Barat (Studi Kasus di Distrik Ayamaru, Aitinyo dan Aifat). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1). Menganalisis dampak pembangunan jalan terhadap pepertumbuhan usaha ekonomi dan pendapatan rakyat di pedelaman Kabupaten Sorong Selatan, 2) Menganalisis manfaat dan biaya sosial yang diterima oleh masyarakat. Secara akademis, penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi perluasan wawasan bagi peminat pada topik pembangunan infrastruktur dan pengetasan kemiskinan. Lokasi penelitian ini di Distrik Ayamaru, Aitinyo, dan Aifat. Pengambilan sampel ini didasarkan pada tingat homogenitas suku dan mata pencaharian penduduk. Contoh kedua diambil 2 kampung perdistrik. Sedangkan penarikan sampel masyarakat digunakan teknik purposive sampling . Sasaran sampel masyarakat pemilik usaha. Juga dilakukan Focus Group Discussion ( FGD). Digunakan Analisis deskriptif, Uji beda rata-rata pendapatan dan analisis SEM. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pembangunan prasarana jalan dan jembatan berdampak positif terhadap terjadinya mobilitas penumpang dan barang dengan kendaraan mobil yang sangat tinggi melalui jalan Sorong Maibrat. Hasil analisis membuktikan bahwa pembangunan jalan dapat mendorong tumbuh dan berkembangnya usaha-usaha ekonomi baik di sektor pertanian, maupun usaha baru non-pertanian ( non-farm ). Hasil Uji beda pendapatan dapat membuktikan bahwa pembangunan jalan dan jembatan Sorong-Maibrat berdampak sangat positif dan signifikan terhadap perubahan pendapatan usaha ekonomi masyarakat lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum ada jalan dan berdampak lanjut pada pemanfaatan lembaga bank oleh masyarakat untuk menabung. Pembangunan jalan juga sebagai gunting yang ampuh memotong biaya pengurasan tenaga dan waktu masyarakat (efisiensi waktu dan biaya) dalam perjalanan ke dan dari pusat-pusat pelayanan ekonomi dan sosial. Juga terjadi pilihan atas alat transportasi melayani masyarakat. Akses jalan darat telah memberikan efek yang positif dan signifikan bagi masyarakat untuk memperluas usaha dan mempermudah masyarakat membangun rumah permanen, memanfaatkan MCK dan penerangan. Dampak biaya sosial yang diakibatkan oleh pembangunan jalan yang ditanggung masyarakat sampai saat ini relatif kecil dibandingkan dengan manfaat sosial dan ekonomi yang diterima dan dinikmati oleh masyarakat. Agar pembangunan prasarana jalan dapat memberikan manfaat yang lebih baik lagi bagi masyarakat, maka sebaiknya jalan yang telah dibangun perlu ditingkatkan dan perlu adanya angkutan umum yang lebih mudah dan murah disiapkan oleh Pemerintah Daerah, sehingga akan bermanfaat dalam jangka menengah dan jangka panjang, sehingga dapat meningkatkan kesejahteran masyarakat di Maibrat khususnya dan Kabupaten Sorong Selatan pada umumnya. Pemerintah perlu mendorong pembangunan di bidang infrastruktur jalan karena memberikan multiplier effect yang sangat signifikan kepada masyarakat di wilayah pedalaman.

English Abstract

This research aims at (1) analyzing the impact of road construction on the growth of people‘s economic business and income in South Sorong Regency remote areas, and (2) analyzing the benefit and social cost got by society. Academically, this research is expected to have significance in expanding knowledge for people interested in the same topic. The location of this research was the districts of Ayamaru, Aitinyo, and Aifiat as the main districts. The samples were selected based on the tribe‘s homogeneity and the earning for living ways of people living in remote areas of South Solok Regency. Two kampongs were selected from each district, and the population‘s sample was selected using purposive sampling targeting people having or running their own business. Moreover, Focus Group Discussion (FGD) was also conducted. The analysis tool for this research was SEM Analysis and Test of income average gaps. The results of this research show that the road and bridge construction has positive impact on the very high mobility of passengers and goods by cars passing the Sorong-Mai Brat road. The results of analysis also proofed that the road construction can stimulate the growth and development of economic businesses either in farming sector or non-farming new businesses. The result of Test on income gaps shows evidence that the construction of the Sorong-Mai Brat road and bridge having very positive and significant impact on the improvement of the society‘s economic business income and further impact on the society‘s using of banking institutions for saving their money. The result of analysis also shows evidence that the road construction functions as a tool to cut down the energy and time previously spent by people who need to go forth and back to the central places of social and economic services. Besides, there are options of transportation vehicles ready to give service to publics. Finally, the result of this research also shows that in land road access has given positive and significant interrelated effects for the society in expanding their business and getting feasibility to build permanent houses and obtain sanitary and electricity. This research is successfully proofed that the social cost upheld by society resulted by the road construction is relatively small compared to the social and economic benefit accepted and enjoyed by the society. Also, it is found that the society‘s life pattern is changing to the phenomenon in which all economic activities are conducted using money; however, for social activities, social cost is still highly applied in the society. Lastly, in order to have the road constructions give more benefit for the society, the constructed Sorong-Mai Brat infrastructure needs to be improved so that there will be more mid-term and long-term effects and improvement on the society‘s income in the villages.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/388.31/IEK/a/061102523
Subjects: 300 Social sciences > 388 Transportation > 388.3 Vehicular transportation
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 20 Sep 2011 14:58
Last Modified: 20 Sep 2011 14:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161009
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item