Kiat Sukses Seorang Entrepreneur (Studi Entrepreneurship Soetrisno Bachir dalam Perspektif Hermeneutika Gadamerian)

Sunarta (2014) Kiat Sukses Seorang Entrepreneur (Studi Entrepreneurship Soetrisno Bachir dalam Perspektif Hermeneutika Gadamerian). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif perspektif Hermeneutika Gadamerian. Menurut pandangan Gadamer, pemahaman yang benar adalah pemahaman yang mengarah pada tingkat ontologis bukan metodologis. Artinya kebenaran dapat dicapai bukan melalui metode tetapi melalui dialektika dengan mengajukan banyak pertanyaan. Dengan demikian, bahasa menjadi medium sangat penting bagi terjadinya dialog. Sebagai metode tafsir, hermeneutika menjadikan bahasa sebagai tema sentral. Dalam aliran filsafat hermeneutika Gadamerian memandang makna dicari, dikontruksi dan direkontruksi oleh penafsir sesuai konteks penafsir dibuat, sehingga makna teks tidak pernah baku, senantiasa berubah tergantung dengan bagaimana, kapan dan siapa pembacanya. Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri proses dan arah kesadaran identitas (konsep diri) yang mengkaji fenomena sukses dalam entrepreneur. Penelitian ini akan mengungkap realitas subyektif dari sisi seorang yang memasuki dunia entrepreneurship dari lingkungan internal maupun eksternal. Disamping penelusuran sebuah proses entrepreneur, penelitian ini melakukan pemahaman subyek mengenai orientasi sosial yang meliputi pilihan karier dan motif setelah menjadi entrepreneur serta bagaimana cara mamanajemen diri baik dengan orang lain maupun dengan sesama entrepreneur. Temuan penelitian menunjukkan bahwa seorang entrepreneur yang sukses adalah berkaitan dengan konsep dirinya, pembentukan karakter, menjaga hubungan baik dengan menciptakan kepercayaan antar mitra bisnis. Kemampuan berkomunikasi dan kepribadian yang baik, aktif dan kreatif melakukan taktik dan strategi baru, serta mampu mengatasi dalam menghadapi dinamika gejolak sosial dan ekonomi. Seorang entrepreneur yang sukses terkait dengan aspek kemampuan mengkomunikasikan pola pikir dalam berbisnis, mau belajar sepanjang hayat tentang komunikasi, gagasan baru, ide baru, fakta baru dan konsep baru dalam berbisnis. Pilihan karier merupakan panggilan hati dalam konteks pengabdian diri untuk memberi manfaat kepada orang lain. Proses menjadi seorang entrepreneur sukses dipengaruhi oleh internal keluarga dan lingkungan eksternal, pendidikan kewirausahaan sejak usia dini, pola pikir yang melingkupinya, pilihan hidup, sering melakukan komunikasi dengan para pebisnis senior, dan menerapkan prinsip kehati-hatian dalam berbisnis. Kemampuan memimpin, serta tidak cepat merasa puas terhadap hasil yang sudah diraih, harus terus melakukan penyempurnaan.

English Abstract

This research aims at exploring the process and direction of identity awareness (self-concept) in assessing the phenomena of success in entrepreneur. This research will reveal the subjective reality from the side of someone who enters the entreprenurship from the internal as well as external environment. In addition to the search an entrepreneur process, this study also wish to discover the the understanding of the subject about social orientation which involves career choice and motive after being an entrepreneur and how to do self-management with other people as well as fellow entrepreneurs. This research uses the approach of Hermeneutics Gadameran qualitative perspective. According to the views of Gadamer, the true understanding is the one that leads to the ontological level, not methodological, which means that the truth can be achieved not by the means of methods but through dialectics by proposing many questions. Therefore, language becomes a very important medium for the occurrence of dialogue. As the method of interpretation, hermeneutics makes language as the central theme. In the genre of philosophy, hermeneutics Gadamerian views the meaning of being sought, constructed, and reconstructed by interpreter according to the context of interpreter made so that the meaning of the text is never standard, constantly changing depending on how, when, and who the reader is. Research findings show that a successful entrepreneur has relation with personal concept, character building, good relationship by creating trust among businessmen. The ability to communicate and good attitude, active and creative to do new tactic and strategy, and capable in facing social and economic turmoil. A successful entrepreneur is linked with the active to communicate business thinking pattern, life long learning, new ideas finding, and concept in business activities. Career choice is the heart`s intuition in the contextual dedication to give contribution to others. The process to become a successful entrepreneur is influenced by internal family and external environment, early entrepreneurship education, surrounding mindset, choice of life, often communicating with senior businessman, and apply precautionary principle in business. The ability to lead and unsufficiently satisfied feeling upon an achievement need to be pursued.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/338.040 92/SUN/k/061406956
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production
Divisions: S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 29 Oct 2014 14:37
Last Modified: 29 Oct 2014 14:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160782
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item