Karakteristik Wirausaha, Kompetensi Kewirausahaan, dan Strategi sebagai Penentu Kinerja Bisnis (Studi pada Usaha Kecil Menengah Binaan di Kabupaten Malang)

Sarwoko, Endi (2013) Karakteristik Wirausaha, Kompetensi Kewirausahaan, dan Strategi sebagai Penentu Kinerja Bisnis (Studi pada Usaha Kecil Menengah Binaan di Kabupaten Malang). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Usaha Kecil Menengah (UKM) memiliki peran yang strategis bagi perekonomian Indonesia, karena memiliki peran dalam penyerapan tenaga kerja dan pembentukan Produk Domestik Bruto. Walaupun UKM memiliki peran strategis namun tingkat keberhasilan usahanya masih rendah, sehingga perlu diketahui faktor-faktor yang menentukan keberhasilan UKM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik wirausaha terhadap kinerja bisnis di UKM binaan Kabupaten Malang, menganalisis pengaruh karakteristik wirausaha terhadap kinerja bisnis yang dimediasi oleh kompetensi kewirausahaan, pengaruh karakteristik wirausaha terhadap kinerja bisnis yang dimediasi oleh strategi, dan menganalisis pengaruh kompetensi kewirausahaan terhadap kinerja bisnis yang dimediasi oleh strategi. Sampel yang digunakan 147 orang pemilik usaha kecil dan menengah binaan di Kabupaten Malang, diambil dengan teknik Proportional Random Sampling . Teknik pengumpulan data menggunakan Kuesioner, dan teknik analisis data menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) . Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik wirausaha mengarahkan perilaku melalui penciptaan kompetensi kewirausahaan pemilik UKM. Selanjutnya kinerja bisnis ditentukan oleh kompetensi kewirausahaan pemilik UKM. Kompetensi kewirausahaan juga mampu meningkatkan pelaksanaan strategi pertumbuhan usaha, kemampuan pelaksanaan strategi inilah yang menentukan kinerja bisnis. Jadi seorang wirausaha tanpa memiliki kompetensi kewirausahaan tidak akan mampu memperkuat pelaksanaan strategi pertumbuhan usaha dan tidak akan mampu mencapai kinerja bisnis.

English Abstract

Small and medium enterprises (SMEs) have a strategic role for the Indonesian economy because capable of absorbing labor, and the establishment of the gross domestic product. Although SMEs have a strategic role but his success rate is still low, so as to know the factors that determine the success of SMEs. The objective of this research is to analyze the characteristics of entrepreneur influence on business performance, to analyze the characteristics of entrepreneur influence on business performance that is mediated by competence, to analyze the characteristics entrepreneur influence on business performance that is mediated by strategy, and to analyze the entrepreneurial competencies influence on business performance that is mediated by strategy. The sample used 147 owners of SMEs in Malang region, taken with a Proportional Random Sampling techniques. The technique of data collection using the questionnaire, and techniques of data analysis using the Structural Equation Modelling (SEM). The results showed that the characteristics of entrepreneur drive behavior through the creation of entrepreneurial competencies of SMEs owners. Next business performance is determined of entrepreneurial competencies. Entrepreneurial competencies are also capable of enhancing the implementation of the strategy for business growth, capacity implementation strategies that determine the business performance. So an entrepreneur without having the entrepreneurial competencies won t be able to strengthen the implementation of the business strategy and will not be able to achieve business performance.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/338.04/SAR/k/061301382
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.04 Entrepreneurship
Divisions: S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 17 Apr 2013 09:24
Last Modified: 17 Apr 2013 09:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160780
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item