Dampak Efisiensi Belanja Pemerintah Daerah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Dan Kemiskinan Di Jawa Timur (Studi Pada Belanja Pendidikan, Kesehatan, Dan Infrastruktur)

Yabbar, Rahmah (2013) Dampak Efisiensi Belanja Pemerintah Daerah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Dan Kemiskinan Di Jawa Timur (Studi Pada Belanja Pendidikan, Kesehatan, Dan Infrastruktur). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh belanja Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur terhadap pertumbuhan ekonomi dan tingkat kemiskinan. Disampingitu, hasil penelitian ini juga akan mengestimasi tingkat efisiensi pengelolaan anggaran belanja pemerintah daerah Kabupaten / Kota dan besarnya dampak peningkatan efisiensi belanja terhadap kesejahteraan masyarakat di Jawa Timur. Dalam penelitian ini, Stochastic Frontier Analysis (SFA) digunakan sebagai metode estimasi tingkat efisiensi bidang strategis (pendidikan, kesehatan dan infrastruktur), sedangkan Three Stage Least Square (3 SLS) digunakan untuk mengestimasi besarnya dampak peningkatan efisiensi belanja terhadap kesejahteraan masyarakat. Berdasarkanhasilanalisis, dariketiga sektor tersebut, perbaikan tingkat efisiensi tata kelola anggaran di bidang kesehatan lebih baik dibandingkan infrastruktur dan pendidikan. Hal ini mengindikasikan adanya tingkat kesulitan tata kelola yang berbeda, dimana bidang pendidikan adalah yang paling rumit dibandingkan infrastruktur dan kesehatan. Selanjutnya, efisiens ibidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur tidak selaluber dampak positif terhadap tingkat kesejahteraan.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/336.39/YAB/d/061310667
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.3 Public debt and expenditures
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 May 2014 11:02
Last Modified: 06 May 2014 11:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160777
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item