Pengaruh Teknologi Informasi, Supply Chain Management dan Strategi Operasi terhadap Kinerja Lembaga Keuangan Mikro Syariah di Jawa Timur

Zulfikarijah, Fien (2010) Pengaruh Teknologi Informasi, Supply Chain Management dan Strategi Operasi terhadap Kinerja Lembaga Keuangan Mikro Syariah di Jawa Timur. Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Lembaga keuangan mikro syariah sebagai lembaga keuangan yang menggunakan prinsip-prinsip syariah memiliki berbagai keunggulan, hal ini ditunjang linkage program dalam permodalan yang berfungsi sebagai mediator antara bank syariah dengan UKM dan masyarakat kelas menengah ke bawah yang tidak terjangkau oleh bank syariah. Seperti lembaga keuangan lainnya dalam operasionalnya lembaga keuangan mikro syariah menggunakan teknologi informasi sebagai sarana dalam menyediakan berbagai informasi dan data yang sangat berguna bagi pelaksanaan supply chain management dan dalam menentukan strategi operasi yang pada akhirnya kesemuanya itu dipergunakan untuk meningkatkan kinerja lembaga. Berbeda dengan lembaga keuangan lainnya, lembaga keuangan mikro syariah menerapkan konsep supply chain management dalam operasionalnya dengan menyediakan berbagai barang yang dibutuhkan pelanggan, sehingga berhubungan langsung dengan pemasok dan pelanggan. Terbatasnya penelitian tentang teknologi informasi yang dikaitkan dengan supply chain management dan strategi operasi terutama pada industri jasa (lembaga keuangan syariah) , sehingga membuka celah bagi penulis untuk melakukan penelitian. Penelitian ini dikembangkan dengan tujuan untuk menguji dan membuktikan secara empiris apakah terdapat pengaruh teknologi informasi yang digunakan oleh lembaga, supply chain management dan strategi operasi terhadap kinerja lembaga. Lokasi penelitian di lembaga Keuangan Mikro Syariah di wilayah Jawa timur dengan menggunakan accidental sampling, adapun jumlah sample sebanyak 107 responden yang merupakan pemilik/manajer dengan menggunakan alat analisis SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknologi informasi yang baik dapat memperlancar pelaksanaan Supply Chain Management, penggunaan teknologi informasi yang tepat akan mempermudah pelaksanaan Strategi Operasi, penggunaan teknologi informasi yang tepat dapat meningkatkan Kinerja lembaga, penerapan Supply Chain Management yang tepat akan memudahkan menerapkan Strategi Operasi yang tepat, penerapan Supply Chain Management yang tepat dapat meningkatkan Kinerja Lembaga dan penerapan strategi operasi yang tepat akan meningkatkan kinerja lembaga.

English Abstract

Sharia micro finance institutions as a finance institution that using sharia principles and they have some advantages, it`s supported by linkage program as mediator between sharia bank and small and medium entrepreneurship or middle and lower class society untouch by sharia bank. It`s like another institution, Sharia micro finance institutions use information technology as a tools to prepare information and data that is helpfull to apply supply chain management and to determine operations strategy and all of that to increase institutions performance. It`s different with other institutions, Sharia micro finance institution applicate supply chain management and prepare all of customer needs, so they conduct with supplier and customer direct. There are limited research about information technology, supply chain management and operations strategy to institutions performance, especially at service industry (sharia institution) that is open to do this research. This research id developed for test and analysis are there impact information technologi, supply chain management and operations strategy to institutions performance empirical. Research location in Sharia micro finance institutions east java with accidental sampling. There are 107 respondent as sample and they are manager or owner, the analysis tool is SEM. The result explain that the better information technology application can impact to Supply Chain Management, the better information technology application can impact to Operation Strategy, the better information technology application can impact to performance institution, the better Supply Chain Management application can impact to Operations strategy, the better Supply Chain Management application can impact to institution performance and the better operation can impact to institution performance.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/004/ZUL/p/061205958
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 29 Jan 2013 13:03
Last Modified: 29 Jan 2013 13:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160673
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item