Pengaruh kualitas Layanan e-Commerce, Kapabilitas Layanan, Komunikasi, Integritas dan Penggunaan Teknologi Mobile, terhadap Kepercayaan dan Intensi Belanja serta Belanja Menggunakai e-Commerce.

Supriyanto, Antok (2014) Pengaruh kualitas Layanan e-Commerce, Kapabilitas Layanan, Komunikasi, Integritas dan Penggunaan Teknologi Mobile, terhadap Kepercayaan dan Intensi Belanja serta Belanja Menggunakai e-Commerce. Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini yang luar biasa, dengan teknologi ini memungkinkan terjalinnya komunikasi dan interaksi antara satu dengan yang lain di seluruh dunia yang Iebih dikenal sebagai jaringan internet atau disingkat internet. Melalui Internet, perusahaan dapat melakukan transaksi bisnis dengan rekanan bisnis atau pelanggan secara online, yang biasa disebut dengan e-Commerce. Beberapa tahun terakhir ini e-Comrnerce berkembang sangat pesat, karena bertransaksi bisnis melalus e-Commerce, pelanggan akan memperoleh beberapa kelebihan dibanding bertransaksi secara konvensional, antara lain: tidak perlu repot, barang akan sampai dengan sendirinya, menghemat waktu, tidak perlu kena macet, dan lain-lain. Bertransaksi melalui e-Commerce bukan berarti aman tanpa menemui permasalahan, namun fenomena yang terjadi e-Commerce justru makin tumbuh dan berkembang, terlebih lagi dengan berkembangnya teknologi mobile. Dengan mobile phone yang berbasis android/blackbery/iphone ataupun tablet, pengguna dapat melakukan transaksi bisnis tanpa harus menggunakan personal komputer ataupun laptop. F enelitian ini akan menganalisis dan rnenjelaskan pengaruh kualitas layanan, kapabilitas, komunikasi, integritas dan penggunaan teknologi mobile terhadap kepercayaan dan intensi belanja serta belanja menggunakan e-Commerce. Penelitian ini merupakan explanatory research yang menjelaskan hubungan antar variabel penelitian. Unit analisis penelitian ini adalah pengguna smartphone yang melakukan transaksi bisnis melalui e-Commerce dengan jumlah responder sebanyak 135 orang. Analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah model persamaan struktural GSCA (Generalized Structured Component Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga belas (13) jalur hubungan langsung maupun tidak langsung. Sepuluh (10) jalur hubungan yang signifikan dan tiga (3) jalur yang tidak signifikan. Jalur hubungan yang signifikan adalah: 1) kualitas layanan e-Commerce terhadap kepercayaan, 2) kapabilitas layanan terhadap kepercayaan, 3) komunikasi terhadap kepercayaan, 4) integritas terhadap kepercayaan, 5) Penggunaan teknologi mobile terhadap kepercayaan, 6) kualitas layanan e-Commerce terhadap intensi belanja, 7) penggunaan tekno-logi Mobile terhadap intensi belanja e-Commerce, 8) kepercayaan terhadap intensi belanja, 9) kepercayaan terhadap belanja menggunakan e-Commerce, 10) intensi belanja e-Commerce terhadap Belanja menggunakan e-Commerce. Sedangkan jalur hubungan yang tidak signifikan adalah: 1) kapabilitas layanan terhadap intensi belanja e-Commerce, 2) Komunikasi terhadap intensi belanja e-Commerce, 3) integritas terhadap intensi belanja e-Commerce

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DIS/658.872/SUP/p/2014/061607188
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 May 2017 10:52
Last Modified: 04 May 2017 10:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160653
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item