Pengaruh Market Orientation, Learning Organization, Dynamic Capability terhadap Value Creation, Sustained Competitive Advantage dan Business Performance (Penelitian pada Industri Kreatif kelompok Adve

Mauludin, Hanif (1900) Pengaruh Market Orientation, Learning Organization, Dynamic Capability terhadap Value Creation, Sustained Competitive Advantage dan Business Performance (Penelitian pada Industri Kreatif kelompok Adve. Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan pengaruh market orientation, learning organization dan dynamic capability terhadap value creation, sustained competitive advantage dan business performance industri advertising wilayah di Jawa-Bali. Rancangan penelitian ini tergolong rancangan penelitian kuantitatif yang diarahkan untuk menguji hubungan antar variabel. Variabel-variabel penelitian diukur dengan menggunakan kuesioner yang didistribusikan melalui survey online. Sampel penelitian adalah perusahaan wadalahperusahaan advertising yang tergabung dalam P31 sejumlah 105 meliputi wilayh kerja Jawa dan Bali. Data diolah dengan menggunakan Partial Least Square (PLS). emuan penelitian menunjukkan bahwa variabel value creation terbukti sebagai variabel adaiintervening yang menghubungkan variabel market orientation, learning organization dan 1g/dynamic capability terhadap sustained competitive advantage dan business performance. Penelitian ini juga menegaskan bahwa value creation yang merupakan penerapan teori keunggulan bersaing yang dibangun menggunakan pijakan diferensiasi maupun lowcost berpotensi untuk dilakukan secara simultan. Meskipun dalam pasar yang hypercompetitive perusahaan cenderung menerapkan strategi lowcost untuk mengimbangi kelemahan implementasi strategi diferensiasi. Penelitian ini juga mencatat bahwa industri kreatif yang sarat •dengan kreativitas dan inovasi mengharuskan perusahaan menjadi organisasi pembelajar yang memberi ruang untuk melakukan pembelajaran secara berkelanjutan. Penelitian ini berkontribusi pada kajian manajemen strategi perusahaan baik dalam perspektif market base theory maupun resources base theory yang merupakan pondasi membangun keunggulan bersaing. Sintesa yang bisa dilakukan adalah merujuk pada teori dynamic capability dimana lingkungan internal perusahan seharusnya fitness dengan lingkungan eksternal bisnis. Hal ini dilakukan melalui kapabilitas dinamik yang selalu diupayakan oleh perusahaan. Penelitian ini juga mengkonfirmasi akurasi indicator LDOQ (the dimensions of learning organization questionnaire) yang dikembangkan oleh Watkins and Marsick (1997) yang telah digunakan di Korea oleh Yang. 2004, China oleh Zang et all 2004, Taiwan oleh Lien et al. 2006, Amerika Latin oleh Hernandez. 2006, dan di U.S.oleh Ellinger et al. 2003. Sedangkan di Indonesia dilakukan dalam disertasi ini dengan obyek penelitian industri kreatif kelompok periklanan. Bagi penelitian lanjutan disarankan untuk dilakukan pengujian pada sub sektor industri kreatif lainnya dengan menambah jumlah sampel penelitian agar lebih representative

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DIS/658.409 2/MAU/p/2013/061607165
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Jan 2017 09:26
Last Modified: 09 Jan 2017 09:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160625
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item