Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Organizational Citizenship Behavior Karyawan Dimediasi Oleh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasional (Studi Pada Pt Bank Syariah Di Malang Raya)

Ekowati, VivinMaharani (2017) Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Organizational Citizenship Behavior Karyawan Dimediasi Oleh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasional (Studi Pada Pt Bank Syariah Di Malang Raya). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Organizational Citizenship Behavior merupakan perilaku yang memiliki dampak pada efektivitas organisasi, sehingga perilaku ini memiliki konsekuensi penting di tempat kerja. OCB dapat berkontribusi untuk efektivitas organisasi melalui peningkatan kinerja, memungkinkan organisasi untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan, dan memperkuat koordinasi dalam kelompok kerja. Karena pengaruhnya terhadap efektivitas organisasi, maka penting untuk menyelidiki variabel yang mampu meningkatkan OCB karyawan dalam organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap OCB karyawan, mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional, mengidentifikasi peran kepuasan kerja, komitmen organisasional sebagai pemediasi pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap OCB karyawan. Populasi penelitian adalah seluruh karyawan Bank Syari’ah yang terdiri dari Bank Syari’ah Mandiri, BTN Syari’ah, BNI syariah, dan BRI Syari’ah sebesar 436 karyawan. Sampel sebesar 140 karyawan tetap dengan teknik pengambilan sampel proportional random sampling. Data dikumpulkan langsung dari responden dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner dan teknis analisis data menggunakan PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional tidak berpengaruh signifikan terhadap OCB karyawan, kepuasan kerja berpengaruh terhadap komitmen organisasional, kepuasan kerja memediasi pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap OCB karyawan, dan komitmen organisasional memediasi pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap OCB karyawan.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DIS/658.409 2/EKO/p/2017/061703276
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 18 Apr 2017 13:47
Last Modified: 18 Apr 2017 13:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160622
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item