Corporate Governance, Struktur Kepemilikan, Struktur Modal Dan Nilai Perusahaan (Studi Pada Emiten Bursa Efek Indonesia)

Nofrivul (2016) Corporate Governance, Struktur Kepemilikan, Struktur Modal Dan Nilai Perusahaan (Studi Pada Emiten Bursa Efek Indonesia). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji teori agensi dan teori sinyal terhadap hubungan antara corporate governance (yang diukur dengan corporate governance perception index/CGPI) dan struktur kepemilikan terkonsentrasi terhadap struktur modal (long term debt to equity ratio /LTDER) dan nilai perusahaan (Tobin’s Q), serta menetapkan struktur modal sebagai variabel intervening antara corporate governance dan struktur kepemilikan dengan nilai perusahaan. Metode analisis dilakukan dengan menggunakan analisis jalur dengan pendekatan regresi linear terhadap emiten non keuangan pada Bursa Efek Indonesia yang mengikuti penilaian corporate governance yang dilakukan oleh The Indonesian Institute for Corporate Governance sejak tahun 2007 sampai 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate governance dan struktur kepemilikan perusahaan yang terkonsentrasi berpengaruh terhadap struktur modal dan nilai perusahaan. Penerapan prinsip-prinsip corporate governance dengan baik dan atau struktur kepemilikan perusahaan lebih terkonsentrasi pada satu atau beberapa pihak, maka monitoring terhadap manajemen dapat dilakukan secara efektif, sehingga tindakan dan perilaku manajemen dapat diarahkan untuk kepentingan pemegang saham serta meningkatkan kinerja manajemen yang pada akhirnya akan meningkatkan nilai perusahaan. Investor mempertimbangkan sinyal-sinyal penerapan corporate governance perusahaan dalam pertimbangan investasi mereka di pasar modal. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa struktur modal tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Perubahan utang jangka panjang terhadap ekuitas tidak memberikan pengaruh terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DIS/658.4/NOF/c/2016/0617611491
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 19 Apr 2017 14:01
Last Modified: 19 Apr 2017 14:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160610
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item