Peningkatan Kinerja Usaha Kecil Menengah : Dampak Intellectual Capital Dan Strategi Bisnis Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Ukm Kerajinan “Karawo” Di Kota Gorontalo)

Ariawan (2016) Peningkatan Kinerja Usaha Kecil Menengah : Dampak Intellectual Capital Dan Strategi Bisnis Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Ukm Kerajinan “Karawo” Di Kota Gorontalo). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan secara empirik: (1) Apakah peningkatan kinerja UKM dipengaruhi oleh modal manusia, modal struktural, modal relasional, dan modal spiritual secara langsung maupun tidak langsung melalui strategy bisnis sebagai variabel mediasi. (2) Apakah penerapan strategi bisnis dipengaruhi oleh modal manusia, modal struktural, modal relasional, dan modal spiritual. (3) Apakah peningkatan kinerja UKM dipengaruhi oleh penerapan startegi bisnis. Secara teoritis hasil penelitian ini diharapkan menambah khasanah ilmu pengetahuan tentang pentingnya pengelolaan intelectual capital untuk meningkatkan kinerja UKM melalui penerapan strategi bisnis guna perbaikan atau penyempurnaan praktik-praktik manajemen dan memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu manajemen keuangan, ilmu manajemen strategi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif (positivism), mengunakan jenis penelitian eksplanatori (explanatory reasearch). Populasi penelitian ini adalah seluruh UKM Karawo di kota Gorontalo sebanyak 68 UKM. Metode statistik inferensial yang digunakan dalam menganalisis data penelitian ini adalah WarpPLS 5.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal spiritual, modal struktural, modal manusia yang dikelola berdasarkan kriteria VRIN (bernilai,langkah, tidak mudah ditiru, tidak mudah digantikan) berdasarkan resource based theory secara langsung maupun dimediasi strategi bisnis mampu memberikan kontribusi dalam meningkatkan kinerja UKM. Modal relasional tidak mampu meningkatkan kinerja UKM harus dimediasi strategi bisnis untuk meningkatkan kinerja UKM dan strategi bisnis meningkatkan kinerja UKM. Modal spiritual merupakan komponen utama modal intellektual untuk mencapai kinerja yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DIS/658.15/ARI/p/2016/061702223
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management
Divisions: S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 17 Apr 2017 13:51
Last Modified: 17 Apr 2017 13:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160594
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item