Analisis Tata Kelola Keuangan Desa Dalam Upaya Percepatan Pembangunan Desa (Studi Kasus Kabupaten Asahan)

Siagian, BukitBuchori (2016) Analisis Tata Kelola Keuangan Desa Dalam Upaya Percepatan Pembangunan Desa (Studi Kasus Kabupaten Asahan). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Paradigma pembangunan desentralistik saat ini lebih difokuskan pada desa. Salah satu implementasinya adalah pengelolaan keuangan desa (PKD). Secara teoritis, keberhasilan desentralisasi akan dapat terwujud jika PKD dapat dilakukan secara efisien dan efektif. Penelitian ini bertujuan menganalisis efisiensi dan efektifitas PKD dan menganalisis faktor penghambat tercapainya efisiensi dan efektifitas PKD. Penelitian dilakukan di kabupaten Asahan dengan menggunakan metode kuantitatif Confirmatory Factor Analysis (CFA). Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara mendalam kepada responden penelitian yang dipilih secara purposive sebanyak 124 orang dari unsur stakeholder keuangan desa di tingkat desa, kecamatan dan kabupaten serta dari unsur masyarakat selaku penerima manfaat. Berdasarkan hasil estimasi model CFA yang didukung dengan hasil wawancara mendalam maka hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) PKD di kabupaten Asahan belum dilaksanakan secara efisien dan efektif. Indikasi tersebut ditunjukkan dari lemahnya penerapan prinsip-prinsip good governance, 2) Faktor penghambat efisiensi dan efektifitas PKD di kabupaten Asahan adalah lemahnya kapasitas sumberdaya manusia aparatur aparatur khususnya dalam melakukan, (i) transparansi musrenbang khususnya kualitas informasi, akses terhadap informasi, mekanisme keterbukaan informasi dan tingkat keterbukaan informasi dan penganggaran, (ii) transparansi penganggaran, khususnya tingkat keterbukaan informasi, akses terhadap informasi dan kualitas informasi, (iii) transparansi pengawasan khususnya tingkat keterbukaan informasi, kualitas informasi dan akses terhadap informasi, (iv) partisipasi pengawasan khususnya tingkat kepuasan partisipasi dan melibatkan masyarakat, dan (v) akuntabilitas pengawasan khususnya mekanisme pengaduan masyarakat, akses terhadap laporan audit dan struktur penanggungjawab.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DIS/354.279 4/SIA/a/.2016/061700088
Subjects: 300 Social sciences > 354 Public administration of economy and environment > 354.2 General considerations of public administration
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 17 Apr 2017 14:37
Last Modified: 17 Apr 2017 14:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160473
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item