Peran Nilai Hedonik Sebagai Mediasi Pengaruh Kognitif Citra Destinasi Dan Kepribadian Destinasi Terhadap Niat Wisatawan Untuk Merekomendasi (Studi Pada Destinasi Wisata Sulawesi Utara)

Rondonuwu, DonaldBismarck (2016) Peran Nilai Hedonik Sebagai Mediasi Pengaruh Kognitif Citra Destinasi Dan Kepribadian Destinasi Terhadap Niat Wisatawan Untuk Merekomendasi (Studi Pada Destinasi Wisata Sulawesi Utara). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tingkat kunjungan wisatawan di Sulawesi utara belum meningkat secara signifikan, sehingga evaluasi perilaku pasca kunjung dan motivasi berkunjung wisatawan serta membangun keunikan yang berbeda dengan destinasi lain adalah penting untuk di kaji. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengembangkan konsep serta model dari peneliti sebelumnya mengenai pengaruh kognitif citra destinasi, kepribadian destinasi dan nilai hedonik terhadap niat untuk merekomendasi yang telah dilakukan secara parsial, belum ada penelitian yang melakukan secara terintegrasi untuk melihat peran nilai hedonik sebagai mediasi pengaruh kognitif citra destinasi dan kepribadian destinasi terhadap niat wisatawan untuk merekomendasi, nilai hedonik diusulkan menjadi variabel mediasi untuk mengisi celah penelitian dan dipersepsikan merupakan orisinilitas atau keterbaruan penelitian ini. Penelitian ini dilakukan pada destinasi wisata Sulawesi Utara. Unit analisis adalah wisatawan domestik, responden penelitian ini sebanyak 200 responden yang diperoleh dengan cara convienence sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis data menggunakan PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kognitif citra destinasi yang dirasakan wisatawan belum berpengaruh terhadap niat untuk merekomendasi. 2) Peran nilai hedonik telah terbukti mampu mempengaruhi baik secara langsung maupun sebagai mediasi pengaruh kognitif citra destinasi terhadap niat wisatawan untuk merekomendasi destinasi ini. 3) Kepribadian destinasi yang terbentuk dalam persepsi wisatawan terbukti memberikan dampak langsung dan tidak langsung melalui nilai hedonik terhadap niat wisatawan untuk merekomendasi destinasi wisata Sulawesi Utara. Implikasi penelitian dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman bagi pengusaha dan pemerintah dalam mendorong meningkatkan niat wisatawan untuk merekomendasi destinasi ini melalui kognitif citra destinasi, kepribadian destinasi dan nilai hedonik. Keterbatasan penelitian hanya dilakukan pada destinasi wisata Sulawesi Utara, sehingga membatasi kemampuan dalam menggeneralisasi hasil temuan tersebut, serta model yang dianalisis masih terbatas pada keragaman variabel kognitif citra destinasi, destination personality, nilai hedonik dan niat untuk merekomendasi.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DIS/338.479 1/RON/p/2016/061700089
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services
Divisions: S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 19 Apr 2017 13:27
Last Modified: 19 Apr 2017 13:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160404
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item