Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Sistem Informasi Manajemen Daerah Dengan Pendekatan Model Delone Dan Mclean Yang Dimodifikasi

Oktavia, DwiDayanti (2016) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Sistem Informasi Manajemen Daerah Dengan Pendekatan Model Delone Dan Mclean Yang Dimodifikasi. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan sistem informasi manajemen daerah dengan pendekatan model Delone dan Mclean yang dimodifikasi pada lingkungan pemerintah Kota Palangkaraya. Penelitian ini menggunakan teknik convenience sampling dalam pengumpulan data. Analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan program SmartPLS 2.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas sistem SIMDA yang baik akan mempengaruhi penggunaan sistem dan akan memberikan kepuasaan bagi pengguna. Selanjutnya jika pengguna menganggap SIMDA tersebut penting guna meningkatkan kinerja baik kinerja individu maupun organisasi, maka akan muncul rasa puas dalam penggunaan sistem tersebut. Rasa puas terhadap penggunaan SIMDA akan memberikan dampak yang baik bagi individu dan organisasi yaitu tercapainya tujuan organisasi dalam hal pengelolaan keuangan daerah, sehingga dapat menciptakan transparansi dan akuntabilitas yang baik pada pemerintah kota Palangka Raya. Sebaliknya, meskipun keberadaan SIMDA sangat penting tetap membuat para pengguna tidak secara rutin setiap hari menggunakan sistem tersebut. Hal ini mengindikasikan sering atau tidaknya pengguna menggunakan sistem informasi manajemen daerah tidak memberikan dampak yang signifikan bagi individu maupun organisasi (pemerintah daerah).

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/FE/2016/352.38/041604362
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.3 Executive management
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 22 Jun 2016 09:47
Last Modified: 29 Dec 2022 02:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160324
[thumbnail of Tesis.pdf] Text
Tesis.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item