Analisis Pertumbuhan Ekonomi, Pergeseran Sektor Dan Pengeluaran Pemerintah Terhadap Ketimpangan Pendapatan Di Mamminasata – Sulawesi Selatan

Pratiwi, FadhilaRatu (2016) Analisis Pertumbuhan Ekonomi, Pergeseran Sektor Dan Pengeluaran Pemerintah Terhadap Ketimpangan Pendapatan Di Mamminasata – Sulawesi Selatan. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ketimpangan pendapatan merupakan hal yang tidak dapat dihindari karena berbagai faktor seperti faktor geografis, ekonomi dan sumberdaya yang dimiliki. Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Pertama, untuk mengetahui pergeseran sektor. Kedua, untuk mengetahui ketimpangan pendapatan. Ketiga, untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan ekonomi, pergeseran sektor dan pengeluaran pemerintah terhadap ketimpangan pendapatan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis shift share, indeks Williamson dan regresi data panel. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data regresi panel meliputi data time series tahun 2006 hingga 2013 dan data cross section terdiri dari empat daerah yaitu Kota Makassar, Kabupaten Maros, Kabupaten Gowa dan Kabupaten Takalar yang diperoleh dari berbagai sumber di antaranya Badan Pusat Statistik. Hasil analisis menunjukkan bahwa pergeseran sektor terjadi di Kabupaten Maros sedangkan Kota Makassar, Kabupaten Gowa dan Kabupaten Takalar tidak mengalami pergeseran. Ketimpangan pendapatan Kota Makassar merupakan yang tertinggi diantara daerah lainnya. Pertumbuhan ekonomi dalam jangka panjang dapat menurunkan tingkat ketimpangan pendapatan. Pergeseran sektor tidak menyebabkan ketimpangan pendapatan karena tingkat tenaga kerja terus bertambah. Pengeluaran pemerintah khususnya belanja tidak langsung merupakan porsi yang paling besar penggunaannya sehingga terdapat sektor yang tumbuh lebih cepat mengakibatkan adanya ketimpangan pendapatan.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/FE/2016/338. 9/041604374
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 22 Jun 2016 10:00
Last Modified: 22 Jun 2016 10:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160323
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item