Pengaruh Orientasi Pembelajaran Organisasi, Orientasi Kewirausahaan Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Koperasi Kredit (Studi Kasus Pada Koperasikredit Di Timor Leste)

Ximenes, IsabelMariaBF (2014) Pengaruh Orientasi Pembelajaran Organisasi, Orientasi Kewirausahaan Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Koperasi Kredit (Studi Kasus Pada Koperasikredit Di Timor Leste). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di era pesatnya perkembangan perekonomian dewasa ini, suatu sistem pengukuran berbasis pada pengukuran kinerja menjadi sebuah kebutuhan dalam pengelolaan organisasi dapat dengan mudah mengetahui kondisi organisasinya setiap saat. Menunjukkan posisi organisasi dari waktu ke waktu dan progress yang dicapai. Pencapaian kinerja melalui pemberdayaan sumber daya tidak berwujud menjadi salah satu pilihan organisasi. Penelitian ini dilakukan terhadap Koperasi Kredit di berbagai Distrik di Timor Leste yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Orientasi pembelajaran organisasi, orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap kinerja koperasi kredit. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah pembelajaran organisasi berpengaruh terhadap kinerja Koperasi di Timor Leste, (2) Apakah orientasi kewirausahaaan berpengaruh terhadap kinerja koperasi di Timor Leste, (3) Apakah orientasi pasar berpengaruh terhadap kinerja koperasi di Timor Leste. Dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi ganda. Analisis ini digunakan untuk mengetahui besar pengaruh variabel orientasi pembelajaran organisasi, orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar sebagai variabel independen terhadap kinerja dependen. Jumlah sampel yang diambil 35 responden dengan menggunakan kuesioner untuk memperoleh data. Hasil analisis koefisien regresi menunjukkan bahwa orintasi pembelajaran organisasi. Orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar secara simultan berpengaruh sangat kuat terhadap kinerja koperasi di Timor Leste. Sedangkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja koperasi. Berikutnya orientasi kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap kinerja koperasi. Demikian halnya dengan variabel orientasi pasar berpengaruh signifikan. Melihat hasil penelitian tersebut maka diharapkan koperasi senantiasa memberikan perhatian terhadap pembelajaran secara lebih intensif dan meningkatkan perilaku dan aktivitas yang menciptakan intelijen pasar, serta sangat penting untuk menyadarkan pentingnya jiwa kewirausahaan dalam kalangan koperasi.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/FE/2014/334/041603590
Subjects: 300 Social sciences > 334 Cooperatives
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 22 Jun 2016 09:14
Last Modified: 22 Jun 2016 09:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160320
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item