Analisis Kegagalan pada Komponen Gripper Botol Minuman Kapasitas 600 Botol Per Menit

Isworo, Hajar (2012) Analisis Kegagalan pada Komponen Gripper Botol Minuman Kapasitas 600 Botol Per Menit. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Gripper adalah komponen dari suatu robotika(digerakkan dengan sistem otomatisasi) yang berfungsi memegang dan memposisikan produk sesuai yang telah ditentukan sehingga dapat membantu proses produksi khususnya untuk mempercepat proses penanganan hasil produksi ( material handling) dan pengemasan ( packing) dalam produksi masal. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui penyebab kegagalan pada Gripper dan mekanismenya. Metode penelitian yang dilakukan ada dua yaitu yang pertama Metode Fractography Merupakan pemeriksaan awal secara visual benda uji yang akan diteliti, yang selanjutnya diteruskan dengan pemeriksaan yang lebih teliti yaitu dengan melakukan foto makro dan foto mikro. Metode yang kedua Stress Analysis dengan mensimulasi proses kerja komponen Gripper menggunakan program Ansys . Hasil penelitian menunjukkan k egagalan gripper terjadi bermula dari cacat yang ada pada material , p embebanan yang terjadi menggunakan analisis von misses dapat diketahui sebesar 3,5187 MPa lebih kecil dari batas elastisitas sebesar 689 MPa sehingga tidak ada kosentrasi tegangan , Mekanisme k egagalan ter j adi bermula dari cacat yang ada pada material mendapat pembebanan berulang sehingga terjadi dislokasi dan berlanjut munculnya retak, kemudian retak meramba t akibat beban berulang yang terjadi mengakibatkan material mengalami kelelahan ( fatigue ) yang berakhir dengan beban monotonic dimana material tidak dapat menahan beban dan terjadi patahan akhir pada gripper .

English Abstract

Gripper is a component of robotic which have function grip and make bottle in a position of filling system. In material handling equipment gripper increase capacity production and packaging. purposes of sis are to know failure mechanism and causes of gripper. Method in research are fractography and stress analysis. Fractography begins first observation in visual specimen of gripper, and observation in macro photo and micro photo. Stress analysis is simulation gripper filling bottle system using software Ansys. T he results show failure of gripper begins defect in material, stress analysis which uses von misses gives value 3,5187 MPa is smaller than 689 MPa (Yield strength), so re is no stress concentration. Failure mechanism begins discontinuity in localized of material, sustain cyclic load and this cause of dislocation and microcrack. Cyclic load was continued and last material cannot sustain loading in monotonic load and broken.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/670.427 254 2/ISW/a/041202216
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing > 670.4 Special topics of manufacturing
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 16 Oct 2012 11:46
Last Modified: 16 Oct 2012 11:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160210
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item