Pengaruh Lifestyle Konsumen terhadap Perilaku Pembelian Online (Studi pada Konsumen Sportshop-Guru Online Shop)

Yuristiana, Kristi (2011) Pengaruh Lifestyle Konsumen terhadap Perilaku Pembelian Online (Studi pada Konsumen Sportshop-Guru Online Shop). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh lifestyle konsumen, yaitu: p riceoriented lifestyle, net-oriented lifestyle , time-oriented lifestyle , dan innovative lifestyle , terhadap perilaku pembelian online pada konsumen Sportshop-guru Online Shop. Lifestyle adalah bagaimana seseorang hidup, lifestyle memengaruhi seluruh aspek dari perilaku konsumsi seseorang. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen yang membeli secara online pada Sportshop-guru Online Shop di sepanjang tahun 2010 hingga Februari 2011. Keseluruhan konsumen dijadikan sampel dalam penelitian ini dan analisis data menggunakan confirmatory factor analysis dengan menggunakan software LISREL dan analisis regresi dengan menggunakan software SPSS. Hasilnya menunjukkan beberapa temuan, bahwa price-oriented lifestyle, net-oriented lifestyle , dan innovative lifestyle , memengaruhi perilaku pembelian online. Namun hasil menunjukkan bahwa time-oriented lifestyle tidak berpengaruh terhadap perilaku pembelian online pada konsumen Sportshop-guru Online Shop. Perbedaan ini terjadi karena adanya pengaruh dari hal lain yang tidak berkaitan dengan kemampuan konsumen dalam memanfaatkan fasilitas internet, antara lain seperti kepercayaan untuk melakukan pembelian secara online dan kebutuhan sosial dalam melakukan pembelian secara offline.

English Abstract

This study analyzed effect of customer lifestyle, i.e.: price-oriented lifestyle, net-Oriented lifestyle, time-oriented lifestyle, dan innovative lifestyle, on online customer Purchasing Behavior Sportshop-guru Online Shop . Lifestyle is how a person`s life, lifestyle affects all aspects of a person`s consumption behavior. population of this study is customers who bought online at Sportshop-guru Online Shop at 2010 until February 2011. All of customers are sampled of this study. Its data analyzed with confirmatory factor analysis using Lisrel software and regression analysis using SPSS software. results indicate several findings, that Price-oriented lifestyle, net-Oriented lifestyle and innovative lifestyle influence online buying Behavior. However, results show that time-oriented lifestyles do not affect consumer buying behavior in Sportshop-guru Online Shop. This difference occurs because of influence of o r things that are not related to ability of consumers to utilize Internet facilities, such as effects of trust to make purchases online and social needs in making a purchase offline.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.872/YUR/p/041104888
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 17 Nov 2011 10:57
Last Modified: 17 Nov 2011 10:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160052
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item