Peranan Teknologi Informasi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap (Studi pada PT. Perkebunan Nusantara XI Persero Rumah Sakit LAVALETTE Malang)

Siswa, TaghfirulAzhimaYoga (2011) Peranan Teknologi Informasi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap (Studi pada PT. Perkebunan Nusantara XI Persero Rumah Sakit LAVALETTE Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menganalisis kepuasan pasien rawat inap yang dipengaruhi oleh peranan teknologi informasi dan kualitas layanan. Penelitian ini dilaksanakan pada PT. Perkebunan Nusantara XI (Persero) Rumah Sakit LAVALETTE Malang. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan data crossectional . Pendekatan sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan jenis judgment sampling . Instrumen penelitian menggunakan kuesioner pada 100 responden pasien swasta murni yang telah memanfaatkan pelayanan kesehatan rawat inap Data penelitian diolah secara kuantitatif dengan metode teknik analisis jalur (Analysis Path) menggunakan SPSS 15.0. Hasil peneltian didukung data kualitatif yang digunakan untuk menguatkan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Semakin tinggi peranan teknologi informasi mengakibatkan semakin tinggi pula kualitas layanan, (2). Semakin tinggi peranan teknologi informasi mengakibatkan semakin tinggi pula kepuasan pasien, (3). Semakin tinggi kualitas layanan meliputi ( Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy ) mengakibatkan semakin tinggi pula kepuasan pasien, (4). Semakin tinggi peranan teknologi informasi, semakin tinggi pula kepuasan pasien, melalui peningkatan kualitas layanan.

English Abstract

This research analyzes satisfaction of inpatients who are influenced by role of information technology and service quality. research was conducted at PT. Perkebunan Nusantara XI (Persero) LAVALETTE Hospital Malang. This research used survey method with cross sectional data. Sampling approach that used is non probability sampling by sampling technique purposive sampling with kind of judgment sampling. Research instrument by using questioner on 100 pure private patients respondent who had exploited service of staying with treatment healthy. data of research had been processed in a quantitative manner with line of analysis technique method (Analysis Path) using SPSS 15.0. Result of research had been supported by qualitative data which used to confirm result of research. result of this research showed that: (1). higher role of information technology, resulting in higher service quality, (2). higher role of information technology, resulting in higher patient satisfaction, (3). higher quality of service include (Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance and Empathy) resulted in higher patient satisfaction, (4). higher role of information technology, higher patient satisfaction, through quality service.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.872/SIS/p/041102879
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 01 Aug 2011 09:26
Last Modified: 01 Aug 2011 09:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160047
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item