Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Adopsi Mobile Commerce” (Studi pada UKM di Kota Malang).

Prasarry, YudhitaValen (2014) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Adopsi Mobile Commerce” (Studi pada UKM di Kota Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pelaku UKM untuk mengadopsi mCommerce. Teori yang digunakan yaitu dengan mengintegrasi beberapa variabel model UTAUT seperti variabel performace expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating condition, behavioral intention, adoption sedangkan variabel task characteristic, technology characteristic, dan fit merupakan beberapa variabel pada model TTF. Pendekatan explanantory research digunakan dalam penelitian ini dengan menguji hipotesis penelitian. Lokasi penelitian dilakukan pada UKM sesuai dengan data Kadin Kota Malang. Sampel penelitian ini berjumlah 97 orang responden. Unit analisis yang digunakan yaitu organisasi, khususnya dalam penelitian ini adalah UKM. Metode pengumpulan data dengan menggunakan instrument penelitian kuesioner tertutup dan terbuka. Teknik analisis yang digunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan Generalized Structured Component Analysis (GSCA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa performance expectancy, effort expectancy, dan fit berpengaruh positif signifikan terhadap behavioral intention. Task characteristic berpengaruh positif signifikan terhadap fit, behavioral intention berpengaruh positif signifikan terhadap adoption. Social influence dan facilitating condition berpengaruh positif tidak signifikan terhadap behavioral intention, demikian halnya technology characteristic berpengaruh positif tidak signifikan terhadap fit. Saran bagi Pihak Kadin Kota Malang hendaknya melakukan edukasi terkait keuntungan pengadopsian mCommerce. Pelunya kerja sama antara Kadin dengan Dinas Perdagangan Dan Perindustrian sehingga database UKM akan dapat diketahui dengan mudah. Apabila database UKM dapat dikelola dengan baik maka informasi tersebut dapat digunakan sebagai pemetaan untuk meningkatkan potensi UKM di Kota Malang.

English Abstract

This study aimed to analyze factors that affect SMEs to adopt mobile commerce. ory used is to integrate some of variables of UTAUT such as variable performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating condition, behavioral intention, adoption while variable characteristic task, technology characteristic, and fit as a few variables of TTF model. Explanatory research approach used in this study to test research hypo sis. Location of research conducted in accordance with data SME Chamber of Commerce City of Malang. Sample size was 97 respondents. unit of analysis is organization, particularly in this study are SMEs. Data were collected by using a questionnaire as a research instrument. Analytical techniques used are descriptive and inferential statistics with Generalized Structured Component Analysis (GSCA). results showed that 5 of 8 hypo ses had a significant effect and remaining 3 hypo ses resulted in a non significant effect. hypo ses with a significant effect were : performance expectancy, effort expectancy, and fit toward behavioral intention, task characteristic toward fit, fit toward behavioral intention, behavioral intention toward adoption. hypo ses with a non significant effect were: social influence and facilitating condition toward behavioral intention, technology characteristic toward fit. KADIN have to educate SMEs about important to adopt mobile commerce. re are rules of online transactions, relevant government policies are needed to protect SMEs from fraudulent online transactions.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.872/PRA/f/041502330
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 01 Apr 2015 11:34
Last Modified: 01 Apr 2015 11:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160045
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item