Vendor-capacity, Perceived-familiarity, Perceived-reputation, dan Personal-values sebagai Faktor Pembeda pada Kelompok Konsumen bagi Tercapainya Online Customers’ Trust : studi pada pengguna e-commerc

Hadi, Musthofa (2013) Vendor-capacity, Perceived-familiarity, Perceived-reputation, dan Personal-values sebagai Faktor Pembeda pada Kelompok Konsumen bagi Tercapainya Online Customers’ Trust : studi pada pengguna e-commerc. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Faktor trust (kepercayaan) masih menjadi penghambat utama bagi implementasi e-commerce di Indonesia. Berbagai hasil studi terdahulu tentang e-trust berbeda-beda dan saling melengkapi. Selama ini penelitian yang dilakukan belum mendapatkan hasil empirik dari anteseden-anteseden e-trust. Penelitian ini menggunakan 4 variabel yang digunakan sebagai anteseden e-trust: aspek vendor-capacity, technology-cultural background (perceived-familiarity dan perceived reputation), dan sekaligus aspek personal values. Tujuan penelitian ini adalah (1). Mengetahui variabel yang menjadi pembeda pada kelompok konsumen di Indonesia yang percaya dan tidak percaya pada transaksi online, diantara variabel bebas vendor-capacity, perceived-familiarity, perceived-reputation, dan personal values. (2). mengetahui variabel pembeda dominan diantara keempat variabel bebas tersebut, dan (3). mengetahui strategi yang lebih tepat sebagai bentuk upaya efektif bagi terciptanya trust (kepercayaan) pada konsumen online sesuai dengan karakteristik pasar di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil 85 sampel pengguna e-commerce di Indonesia. Instrumen utama penelitian ini berupa kuesioner dan diukur dengan menggunakan skala Likert. Kuesioner disebarkan dengan mailed-questionare maupun secara langsung. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Diskriminan dan Analisis Crosstab. Dari keempat variabel prediktor yang mempengaruhi online customers` trust, ternyata hanya variabel vendor-capacity dan perceived-familiarity yang menjadi pembeda. Variabel yang paling membedakan kelompok konsumen yang diteliti adalah perceived-familiarity. Strategi yang diterapkan oleh pihak vendor penting untuk memprioritaskan edukasi konsumen, serta menjalin hubungan yang lebih baik dengan pihak konsumen; selain tentunya tetap meningkatkan kapasitas vendor. Kata-kata kunci: e-commerce, trust, e-trust, vendor-capacity, perceived-familiarity, perceived-reputation, personal-values.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.872/HAD/v/2013/041508081
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Oct 2015 14:39
Last Modified: 29 Oct 2015 14:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160041
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item