Suasana Toko (Store Atmosphere) dalam Menciptakan Emosi dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada Pengunjung Hypermart Malang Town Square Kota Malang)

Sukma, ErlanggaAndi (2011) Suasana Toko (Store Atmosphere) dalam Menciptakan Emosi dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada Pengunjung Hypermart Malang Town Square Kota Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Konsumen semakin dihadapkan oleh banyak pilihan tempat untuk melakukan pembelian dengan semakin meningkatnya jumlah pasar swalayan, pilihan konsumen akan jatuh pada pasar swalayan yang mampu menawarkan manfaat-manfaat bagi konsumen seperti harga terjangkau, produk yang lengkap, lokasi yang mudah dicapai, suasana yang nyaman dan lain sebagainya. Dengan demikian perusahaan dituntut untuk dapat menciptakan apa yang menjadi harapan dari konsumen. Melihat kondisi persaingan yang semakin ketat, setiap bisnis ritel perlu meningkatkan kekuatan yang ada dalam perusahaannya dengan cara memunculkan perbedaan atau keunikan yang dimiliki perusahaan dibandingkan dengan pesaing untuk dapat menarik minat membeli konsumen. Menarik konsumen melakukan pembelian tidak hanya dapat dilakukan dengan memberikan diskon, door prize, atau kegiatan promosi lainnya. Menarik konsumen untuk melakukan pembelian juga dapat dilakukan dengan cara memberikan suasana yang menyenangkan bagi konsumen pada saat di dalam toko, karena konsumen yang merasa senang diharapkan akan melakukan pembelian. Penelitian melalui metode survey ini ditekankan kepada 100 orang pengunjung Hypermart Malang Town Square Kota Malang yang merasakan implementasi Store Atmosphere yang dilakukan perusahaan. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk dapat menjawab pengaruh antara 6 variabel, yaitu Bagian Luar Toko, Bagian Umum Dalam Toko, Tata Letak Toko, Pajangan Dalam Toko, Emosi, dan Keputusan Pembelian. Penelitian eksploratif dengan pendekatan kuantitatif ini menggunakan kuesner sebagai instrumen pengumpul data primer dengan menerapkan skala semantic differential yang dikembangkan sedemikian rupa, dan data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan teknik analisis data yaitu Partial Least Square ( PLS ) untuk melihat pengaruh langsung dan tidak langsung antar variabel. Adapun data sekunder diperoleh melalui pengumpulan informasi terkait dari dokumen perusahaan Hypermart Malang Town Square Kota Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh Bagian Luar Toko terhadap Emosi sebesar 23,73% (t = 3,1817), Bagian Umum Dalam Toko terhadap Emosi sebesar 4,72% (t = 0,3273), Tata Letak Toko terhadap Emosi sebesar 26,79% (t = 2,3170), Pajangan Dalam Toko terhadap Emosi sebesar 23,80% (t = 2,0813), dan Emosi terhadap Struktur Keputusan Pembelian sebesar 31,78% (t = 2,0141), Penelitian ini membuktikan bahwa implementasi suasana toko yang maksimal dapat menciptakan emosi dan mempengaruhi dalam keputusan pembelian.

English Abstract

Consumers are increasingly confronted by many options to make purchases with increasing number of retail, consumer choice will fall on retail that is able to offer benefits to consumers such as affordable prices, complete product, location is convenient, comfortable atmosphere and o r so on. Thus, companies are required to be able to create what expectations of consumers. Seeing condition of increasingly fierce competition, every retail business needs to enhance existing strengths in company by way of bring up difference or uniqueness of company compared to competitors in order to attract consumers to buy. Attract consumers make purchases not only be done by giving discounts, door prizes, or o r promotional activities. Attract consumers to make purchases can also be done by providing a pleasant atmosphere for customers at store, because consumers are happy will hopefully make a purchase. Through survey research methods are emphasized to 100 visitors Hypermart Malang Town Square Malang who felt that implementation of Store Atmosphere company trying implemented. refore, this study aims to answer effect of 6 variables, namely Exterior, General Interior, Store Layout, Store Display, Emotion and Purchase Decisions. Exploratory study with quantitative approach uses questionnaire as primary data collection instrument by applying a semantic differential scale that was developed in such a way, and data obtained and processed using data analysis techniques namely Partial Least Square (PLS) to see direct and indirect effects among variables. secondary data obtained through collection of relevant information from company documents of Hypermart Malang Town Square Malang. results of this study demonstrate influence of Exterior on Emotion of 23.73% (t = 3.1817), General Interior to Emotion amounting to 4.72% (t = 0.3273), Store Layout to Emotion by 26.79% (t = 2.3170), Store Display of Emotion amounting to 23.80% (t = 2.0813), and Emotion of Purchase Decision by 31.78% (t = 2.0141). this study proves that implementation of a maximum of Store Atmosphere can create Emotions and influence Purchase Decision.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.87/SUK/s/041105237
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Studi Ketahanan Nasional, Program Pascasarjana
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 15 Dec 2011 14:55
Last Modified: 15 Dec 2011 14:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160033
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item