Store Atmosphere dalam Menciptakan Emosi dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada Pengunjung Alfamart, Jalan Soekarno Hatta, Ruko Center Point, Kota Malang)

Kurniawan, MochammadLukmanZaini (2014) Store Atmosphere dalam Menciptakan Emosi dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada Pengunjung Alfamart, Jalan Soekarno Hatta, Ruko Center Point, Kota Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan apakah ada pengaruh antara Store Atmosphere (Suasana Toko), Emosi dan Keputusan Pembelian. Store Atmosphere merupakan salah satu unsur yang dapat memicu keputusan pembelian. Menurut teori SOR (Stimulus Organism Response) yang dikemukakan oleh Mehrabian and Russell (1976), setiap individu yang melakukan keputusan pembelian akan melewati tahapan SOR. Emosi terdiri dari tiga unsur antara lain : Kesenangan, Gairah dan Dominasi. Response (Respon) terdiri dari dua unsur yaitu mendekati atau menghindari. Jika respon yang terjadi adalah mendekati, maka akan terjadi keputusan pembelian, sebaliknya apabila konsumen menghindari maka tidak akan terjadi keputusan pembelian. Bagi pemilik toko kelontong yang keberadaanya mulai tergeser oleh kehadiran minimarket , hasil penelitian ini bisa digunakan sebagai acuan untuk memperbaiki suasana tokonya agar mampu bersaing. Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas, yang bertujuan untuk menganalisis hubungan dan pengaruh sebab-akibat antara dua atau lebih variabel, melalui pengujian hipotesis. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang yang telah melakukan transaksi pembelian di minimarket Alfamart, ruko Center Point. Metode pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling dengan menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan Partial Least Square . Hasil penelitian ini adalah : 1) Bagian Luar Toko berpengaruh signifikan terhadap variabel Struktur Keputusan Membeli, 2) Bagian Luar Toko berpengaruh tidak signifikan terhadap variabel Kesenangan, 3) Bagian Luar Toko berpengaruh signifikan terhadap variabel Gairah, 4) Bagian Luar Toko berpengaruh signifikan terhadap variabel Dominasi, 5) Bagian Dalam Toko berpengaruh signifikan terhadap variabel Kesenangan, 6) Bagian Dalam Toko berpengaruh signifikan terhadap variabel Gairah, 7) Bagian Dalam Toko berpengaruh signifikan terhadap variabel Dominasi, 8) Tata Letak Toko berpengaruh tidak signifikan terhadap variabel Kesenangan, 9) Tata Letak Toko berpengaruh signifikan terhadap variabel Gairah, 10) Tata Letak Toko berpengaruh signifikan terhadap variabel Dominasi, 11) Tampilan Bagian Dalam Toko berpengaruh signifikan terhadap variabel Kesenangan, 12) Tampilan Bagian Dalam Toko berpengaruh tidak signifikan terhadap variabel Gairah, 13) Tampilan Bagian Dalam Toko berpengaruh signifikan terhadap variabel Dominasi, 14) Tampilan Bagian Dalam Toko berpengaruh signifikan terhadap Struktur Keputusan Membeli, 15) Kesenangan berpengaruh signifikan terhadap variabel Struktur Keputusan Membeli, 16) Gairah berpengaruh signifikan terhadap variabel Struktur Keputusan Membeli, 17) Dominasi berpengaruh signifikan terhadap variabel Struktur Keputusan Membeli.

English Abstract

purpose of this study was to determine and explain whe r re is influence between Store Atmosphere, Emotion and Purchase Decision. Store Atmosphere is once of element that can trigger a purchase decision. According to ory of SOR (Stimulus Organism Response) proposed by Mehrabian and Russell (1976), each individual who will making purchase decision it will be pass through stages of SOR. Emotions consist of three elements, re are : Pleasure, Arousal and Dominance. Response consists of two elements, that is : approach or avoidance. If response happen is approaching, re will be a purchase decision, o rwise if consumers avoid, purchase decision isn`t going to happen. For owner of a grocery store which its existence began altered by presence of convenience store, results of this research can be used as a reference to improve store atmosphere in order to be able to compete. This research is causality research, which aims to analyze relationship between causal and effect between two or more variables, through hypo sis testing. methods of data collection in this study using a survey. population in this study were all those people who have made purchases transaction in Alfamart minimarket, in Center Point shop. sampling method using Non-Probability Sampling with questionnaires and analyzed using Partial Least Square. results of this study are: 1) Store Exterior is significant to Purchasing Decision Structure Variable, 2) Store Exterior is not significant to Pleasure Variable, 3) Store Exterior is significant to Arousal Variable, 4) Store Exterior is significant to Dominance, 5) Store Interior is significant to Pleasure Variable, 6) Store Interior is significant to Arousal Variable, 7) Store Interior is significant to Dominance Variable, 8) Store Layout is not significant to Pleasure Variable, 9) Store Layout is significant to Arousal Variable, 10) Store Layout is significant to Dominance Variable, 11) Interior Display of Store is significant to Pleasure Variable, 12) Interior Display of Store is not significant to Arousal Variable, 13) Interior Display of Store is significant to Dominance Variable, 14) Interior Display of Store is significant to Purchasing Decision Structure Variable, 15) Pleasure is significant to Purchasing Decision Structure Variable, 16) Arousal is significant to Purchasing Decision Structure Variable, 17) Dominance is significant to Purchasing Decision Structure Variable .

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.87/KUR/s/041408043
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 03 Feb 2015 10:49
Last Modified: 03 Feb 2015 10:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160031
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item