Analisis Faktor Lokasi, Harga Sewa, dan Pendapatan Parkir terhadap Kinerja Keuangan Pusat Perbelanjaan di wilayah Surabaya dan Sidoarjo.

Magdalena, Rita (2016) Analisis Faktor Lokasi, Harga Sewa, dan Pendapatan Parkir terhadap Kinerja Keuangan Pusat Perbelanjaan di wilayah Surabaya dan Sidoarjo. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor lokasi, harga sewa, serta pendapatan parkir terhadap kinerja keuangan pusat perbelanjaan yang diukur dengan proksi Return On Investment (ROI) yang berada di wilayah Kota Surabaya dan Sidoarjo. Secara teori penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris atas teori bid rent yang pertama kali dikemukakan oleh Thunen (1826) dan teori lokasi pusat yang dikemukakan oleh Christaller (1933) sehingga dapat memberi manfaat bagi investor, manajerial, maupun akademisi. Penelitian ini menggunakan sumber data sekunder dan alat analisis yang digunakan adalah regresi. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa semakin strategis lokasi pusat perbelanjaan, maka kinerja keuangan yang diukur dengan menggunakan proksi ROI (Return On Investment) semakin meningkat, sedangkan harga sewa dan pendapatan parkir pusat perbelanjaan tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan yang didukung teori transaction cost bahwa dalam setiap transaksi keuangan harus memperhatikan faktor biaya yang dapat mengakibatkan penurunan terhadap rasio keuangan, selain itu teori antrian memandang bahwa setiap nilai investasi yang dikeluarkan untuk mengurangi antrian harus mempertimbangkan pengembalian atas investasi tersebut selain faktor kepuasan pelanggan dan mengurangi volume antrian. Hasil pengujian analisis cluster menunjukkan bahwa pusat perbelanjaan yang berada di pusat pemukiman mempunyai harga sewa yang lebih tinggi, dan memperoleh pendapatan parkir yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan pusat perbelanjaan yang berada di wilayah pusat kota.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.87/ASI/a/2016/041612712
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Jan 2017 10:50
Last Modified: 03 Jan 2017 10:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160029
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item