Gaya Hidup Konsumen dalam Mengkonsumsi Kebaya sebagai Barang Mewah (Studi pada Konsumen Wanita di Channisa Boutique Malang)

Annisa, Renny (2013) Gaya Hidup Konsumen dalam Mengkonsumsi Kebaya sebagai Barang Mewah (Studi pada Konsumen Wanita di Channisa Boutique Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi secara mendalam gaya hidup konsumen dalam melakukan konsumsi kebaya pesta sebagai barang mewah pada konsumen wanita di Channisa Boutique Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif Fenomenologi untuk dapat menjelaskan lebih mendalam tentang pengalaman dan alasan partisipan pada fenomena gaya hidup ( lifestyle ) dalam pembelian dan penggunaan kebaya sebagai barang mewah ( luxury consumption ). Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap 5 informan yang merupakan pelanggan Channisa Boutique di kota Malang. Analisa data menggunakan coding untuk mempermudah proses formulasi makna hasil wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan 2 hal: 1) Pengalaman gaya hidup konsumen kebaya pesta mewah adalah aktivitas budaya, kesukaan terhadap kelangkaan dan keunikan, menunjukkan selera yang baik, tuntutan akan kualitas yang baik, tidak praktis, berharap mendapat pengakuan sosial, serta perasaan senang berlebihan terhadap kebaya pesta sebagai barang mewah ( superfluousness ). 2) Alasan yang melatarbelakangi gaya hidup konsumen yaitu peranan kelompok referensi, achievement motivation , kepercayaan diri dan citra diri. Implikasi penelitian bagi pemasar adalah pengembangan hubungan dengan pelanggan dan pengembangan produk serta lebih memahami karakter pelanggan dari aktivitas yang mereka lakukan dalam memakai kebaya pesta. Selain itu juga pemasar dapat memberi perhatian lebih terhadap pandangan kelompok referensi pelanggan, penyamaan persepsi dengan fashion trend yang dipahami pelanggan, serta kepercayaan diri dan citra diri yang ingin dimiliki pelanggan. Orisinalitas penelitian ini menekankan pada pengalaman dan alasan gaya hidup konsumsi barang fashion mewah produk lokal Indonesia yaitu kebaya pesta.

English Abstract

aim of this research is to explore consumer lifestyle on consuming party kebaya as luxury product on women consumer at Channisa Boutique Malang. Qualitative paradigm were used in this research with phenomenology research design to explore partisipats` experiences and reasons towards lifestyle of buying and using kebaya as luxury product phenomenon. A total of 5 in-depth interviews were conducted with Channisa Boutique customers as partisipants. data analysis using coding technique to easier meaning formulation process of in-depth interview result. This research shows two results: 1) experiences of consumer lifestyle of luxury party kebaya consumption are cultural activities, likes of scarcity and uniqueness, a signal of good taste, excellent quality, impracticability, hoping to get social recognition and superluousness of luxury products. 2) reasons which determine consumer lifestyle are reference group role, achievement motivation, self-confidence and self-image. research implications to marketers are development of customer relationship, product development and also to understand more customer chararteristics from ir activities of consuming kebaya. O rwise, marketers may give more attention to customers` reference group vision, customers` fashion trend vision, customers` self confidence and self image. originality of this research is that it brings attention to experiences and reasons of consumer lifestyle towards consumption of Indonesian local luxury fashion product named kebaya.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.843 2/ANN/g/041402409
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 18 Jun 2014 09:37
Last Modified: 18 Jun 2014 09:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160026
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item