Pane, Dian (2011) Pengaruh Export Market Orientation, Gejolak Lingkungan dan Inovasi terhadap Kinerja Ekspor (Studi pada Perusahaan Manufaktur Kategori Food and Beverage di Surabaya dan Sidoarjo yang Melakukan Ekspor). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Orientasi pasar merupakan implementasi dari konsep pemasaran yang menjadi salah satu kunci dalam mempertahankan eksistensi bisnis. Keberhasilan pemasaran di dalam negeri bukan merupakan jaminan bagi perusahaan akan berhasil di luar negeri maka dari itu orientasi pasar ekspor ( export market orientation ) atau disingkat EMO perlu dilakukan sebagai upaya meningkatkan kinerja ekspor itu sendiri. Selain itu, inovasi mempunyai peran sebagai alat berkompetisi dalam situasi pasar yang memiliki kompetisi yang tinggi maupun lingkungan pemasaran yang terus berubah. Sehingga dalam pelaksanaan pemasaran ekspor, faktor lingkungan dalam hal ini gejolak lingkungan dapat menjadi hambatan atau peluang. Karena itu, implementasi EMO sejalan dengan tuntutan lingkungan sehingga respon perusahaan sebagai manifestasi dari adaptasi gejolak lingkungan dapat meningkatkan kinerja ekspor perusahaan. Penelitian ini melalui metode survey pada 49 perusahaan manufaktur kategori food and beverage yang berlokasi di Surabaya dan Sidoarjo yang melakukan ekspor dengan instrumen pengumpul data adalah kuesioner. Kemudian analisis data menggunakan PLS ( Partial Least Square) untuk melihat pengaruh langsung maupun tidak langsung antar variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan Export Market Orientation (EMO) terhadap Inovasi sebesar 6.951 (t tabel =1.68), kemudian adanya pengaruh positif dan signifikan EMO terhadap kinerja ekspor sebesar 2.150 (t tabel = 1.68), selanjutnya adanya pengaruh positif dan tidak signifikan gejolak lingkungan yang memoderasi antara EMO dengan kinerja ekspor sebesar 1.071 (t tabel = 1.68), lalu adanya pengaruh positif dan signifikan antara gejolak lingkungan terhadap kinerja ekspor sebesar 2.811 (t tabel = 1.68) dan yang terakhir adalah adanya pengaruh positif dan signifikan inovasi terhadap kinerja ekspor sebesar 2.659 (t tabel = 1.68). Penelitian ini membuktikan bahwa kinerja ekspor dipengaruhi oleh implementasi dari export market orientation , kegiatan inovasi maupun gejolak lingkungan yang dihadapi oleh perusahaan.
English Abstract
Market orientation is implementation of marketing concept that became one of key in retaining existing business. success of marketing in country is not a guarantee for company will be successful overseas and refore export market orientation or abbreviated EMO needs to be done as an effort to improve export performance itself. Moreover, innovation has a role as a tool to compete in a market situation that has high competition and everchanging marketing environment. Thus, in implementation of export marketing, environmental factors in this turbulent environment can be barriers or opportunities. refore, implementation of EMOs in line with demands of environment so that response of company as a manifestation of adaptation to environmental turbulence can enhance export performance of firms. This study through survey method of 49 manufacturing companies in food and beverages category where located in Surabaya and Sidoarjo that exports. data collection instrument was using questionnaire. n data was analyzed by PLS (Partial Least Squares) to see direct and indirect effects among variables. results of this study indicate a positive and significant influence of Export Market Orientation (EMO) on Innovation for 6.951 (t table = 1.68), n a positive and significant influence on export performance of EMO 2.150 (t table = 1.68) , n positive effect is not significant and that environmental turbulence moderates among EMOs with exports amounting to 1.071 (t table = 1.68), n existence of a positive and significant effect between environmental turbulence on export performance of 2.811 (t table = 1.68) and last is a positive and significant innovation on export performance of 2.659 (t table = 1.68). This study proves that export performance is affected by implementation of export market orientation, innovation activities and environmental upheavals faced by company.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/658.84/PAN/p/041103239 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 03 Oct 2011 11:39 |
Last Modified: | 03 Oct 2011 11:39 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160025 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |