Pengaruh Brand Awareness, Perceived Quality Dan Brand Image Terhadap Brand Satisfaction Dan Brand Loyalty Pada Jasa Biro Perjalanan Antar Kota Di Kota Malang (Studi Pada Pelanggan Biro Perjalanan Kira

Pramono, RendraAdi (2013) Pengaruh Brand Awareness, Perceived Quality Dan Brand Image Terhadap Brand Satisfaction Dan Brand Loyalty Pada Jasa Biro Perjalanan Antar Kota Di Kota Malang (Studi Pada Pelanggan Biro Perjalanan Kira. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Semakin tingginya mobilitas masyarakat saat ini baik yang terkait dengan pekerjaan maupun untuk tujuan wisata membuat semakin tingginya tingkat persaingan dalam bidang biro jasa perjalanan. Salah satu cara yang dilakukan oleh jasa biro perjalanan tersebut adalah dengan berusaha memuaskan konsumen sehingga konsumen menjadi loyal. Oleh karena itu studi dalam penelitian ini berfokus pada apakah brand awareness, perceived quality, dan brand image akan membuat konsumen memiliki brand satisfaction sehingga menimbulkan brand loyalty pada masing-masing konsumen biro perjalanan. Dalam penelitian ini menggunakan metode SEM berbasis partial least square. Analisis ini digunakan untuk mengetahui besar pengaruh variabel brand awareness, perceived quality dan brand image sebagai variabel independen terhadap brand loyalty sebagai variable dependen melalui brand satisfaction sebagai variabel intervening. Jumlah sampel yang diambil 190 responden dengan teknik purposive sampling dan menggunakan kuesioner untuk memperoleh data. Hasil analisis menunjukkan beberapa temuan, pertama apabila tingkat brand awareness yang dirasakan pelanggan Biro Perjalanan meningkat, maka brand satisfaction yang mereka rasakan akan meningkat pula. Hal ini juga dibuktikan bahwa perubahan tingkat brand awareness pada setiap pelanggan akan serta merta mempengaruhi tingkat loyalitas pelanggan. Analisis lebih lanjut diketahui bahwa brand awareness memberikan pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan merek. Kedua, tingkat Perceived Quality pelanggan mempengaruhi tingkat brand satisfaction secara positif. Ketiga, perubahan tingkat brand image pelanggan akan serta merta mempengaruhi loyalitas pelanggan. Selanjutnya, perubahan tingkat brand image terbukti dapat mempengaruhi tingkat loyalitas pelanggan

English Abstract

More society mobility height in this time both for aim in case of also tour makes more rivalry level height in field of travel tour service. One of manner that done by travel tour service with try to satisfy consumer so that consumer is loyal. refore study in this watchfulness is focus in whats brand awareness, perceived quality, and brand image will make has brand satisfaction causing brand loyalty in each travel tour service consumer. In this research uses method sem based on partial least square. This analysis is used to detect big variable influence brand awareness, perceived quality and brand image as independent variable towards brand loyalty as variable dependen passes brand satisfaction as variable intervening. Sample total that taken 190 respondents with technique purposive sampling and use questioner to get data. result of analysis shows several findings. First, when does level brand awareness that feeled travel tour customer increase, so brand satisfaction y will feel will increase also. This matter also be proved that level change brand awareness in every customer at moments notice will influence customer loyalty level. Fur rmore, analysis is known that brand awareness give influence significant towards customer loyalty passes brand satisfaction. Second, level perceived quality customer influences level brand satisfaction positively. Third, level change brand customer image at moments notice will influence customer loyalty. Fur rmore, level change brand image proved can influence customer loyalty level

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.834.3/p/PEN/041311541
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 21 Apr 2014 09:25
Last Modified: 21 Apr 2014 09:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160021
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item