Yuliana, Irma (2010) Analisis Pengaruh Service Quality Terhadap Trust Dan Kepuasan Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Secara Online Di Kota Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan internet perlahan-lahan mulai menggeser budaya pembelian. Budaya pembelian atau pemesanan tiket pesawat dari cara konvensional menjadi lebih modern atau yang sering disebut booking online ( online booking ). Kota Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. Perkembangan bisnis dikota Malang menunjukkan peningkatan yang sangat baik, salah satu usaha bisnis yang sedang mengalami perkembangan adalah bisnis penjualan tiket pesawat. Penjualan tiket pesawat di kota Malang mengalami perkembangan karena adanya kebutuhan yang semikin tinggi dari masyarakat. Service quality yang diberikan oleh penyedia jasa dapat mempengaruhi trust dan kepuasan dalam keputusan pembelian tiket pesawat secara online. Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji pengaruh service quality terhadap trust konsumen dalam pembelian tiket pesawat secara online (2) menguji pengaruh trust terhadap kepuasan konsumen dalam pembelian tiket pesawat secara online (3) menguji pengaruh service quality terhadap kepuasan konsumen dalam pembelian tiket pesawat secara online. Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian penjelasan ( explanatory research) , yaitu menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesa. Jumlah sampel yang diteliti adalah 100 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur ( path analysis ). Hasil dari penelitian ini adalah (1) Service quality yang semakin baik dapat meningkatkan trust konsumen dala m keputusan pembelian tiket pesawat secara online, (2) Trust yang dirasakan konsumen pada waktu pembelian secara online dapat menimbulkan kepuasan pada saat melakukan keputusan pembelian tiket pesawat secara online, (3) Peningkatan service quality yang diberikan dapat meningkatkan kepuasan yang dirasakan konsumen dalam keputusan pembelian tiket pesawat secara online.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/658.834 3/YUL/a/041002993 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 09 Dec 2010 12:25 |
Last Modified: | 09 Dec 2010 12:25 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160017 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |