Pengaruh kepekaan normatif, kesadaran nilai, pencarian hal baru, kolektivisme terhadap sikap dan niat pembelian software bajakan : Studi di Kota Malang

Ridhwan, RizWardhana (2010) Pengaruh kepekaan normatif, kesadaran nilai, pencarian hal baru, kolektivisme terhadap sikap dan niat pembelian software bajakan : Studi di Kota Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ilmu mengenai perilaku konsumen diharapkan mendapat lebih banyak perhatian dari sisi akademik untuk ditelaah. Penelitian ini merupakan salah satu penelitian awal yang menyelidiki perilaku konsumen yang berhubungan dengan software bajakan, melibatkan faktor-faktor sosial dan kepribadian dan pengaruhnya terhadap sikap dan niat pembelian software bajakan di kota Malang. Sasaran penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh tidak langsung kepekaan normatif, kesadaran nilai. pencarian hal baru, dan kolektivisme terhadap niat pembelian software bajakan melalui sikap terhadap software bajakan. Penelitian ini dilakukan di kota Malang dengan menggunakan 100 responden yang memiliki pengetahuan tentang software bajakan dan belum pernah membeli software bajakan. Sedangkan karakteristik responden yang turut diteliti yaitu usia, jenis kelamin, dan pekerjaan Penelitian ini menggunakan analisis jalur, dengan hasil yang menunjukkan bahwa kepekaan normatif, kesadaran nilai, pencarian hal baru berpengaruh signifikan pada sikap terhadap software bajakan, selanjutnya sikap terhadap software bajakan berpengaruh signifikan terhadap niat pembelian software bajakan. Kolektivisme ditemukan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap sikap terhadap software bajakan. Karakteristik responden berlatarbelakang mahasiswa pria dengan rentang usia 20 hingga 24 tahun merupakan konsumen potensial software bajakan.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.834 3/RID/p/2010/041001271
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 15 Mar 2011 10:23
Last Modified: 15 Mar 2011 10:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160012
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item