Pramudya, AryaKrisna (2016) Peran Kepercayaan Pelanggan Sebagai Mediasi Pengaruh Citra Perusahaan dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Pembelian (Studi pada Pelanggan E-Ticket Pesawat Garuda Indonesia di Wilayah Kota Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan teknologi mempermudah masyarakat dalam memperoleh informasi. Salah satu teknologi informasi tersebut adalah internet yang merambah ke berbagai aspek kehidupan khususnya dunia bisnis. Dari aspek dunia bisnis dikenal dengan e-commerce yang menjadi kemudahan masyarakat dalam melakukan transaksi secara online. Kemajuan tersebut meningkatkan persaingan bisnis khususnya dalam industri maskapai penerbangan. Penelitian ini menjelaskan bagaimana perusahaan maskapai penerbangan dalam menarik minat pembelian dengan e-ticketing melalui citra perusahaan, kesadaran merek dan kepercayaan pelanggan. Tujuan penelitian adalah menguji dan menjelaskan secara empiris mengenai 1) Pengaruh citra perusahaan terhadap kepercayaan pelanggan dalam pembelian tiket pesawat terbang online, 2) Pengaruh citra perusahaan terhadap minat pembelian tiket pesawat terbang online. 3) Pengaruh kesadaran merek terhadap kepercayaan pelanggan dalam pembelian tiket pesawat terbang online. 4) pengaruh kesadaran merek terhadap minat pembelian tiket pesawat terbang online. 5) Pengaruh kepercayaan pelanggan terhadap minat pembelian tiket pesawat online. 6) Pengaruh citra perusahaan terhadap minat pembelian tiket pesawat terbang online dengan mediasi kepercayaan pelanggan. 7) Pengaruh kesadaran merek terhadap minat pembelian tiket pesawat terbang online dengan mediasi kepercayaan pelanggan. Sampel diambil menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Responden yang dipilih adalah pelanggan pemilik yang belum pernah menggunakan layanan jasa penerbangan Garuda Indonesia namun pernah melakukan pembelian tiket secara online maskapai penerbangan lainnya (pelanggan potensial). Sampel penelitian adalah 140. Hipotesis penelitian diuji menggunakan teknik analisis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra perusahaan memiliki pengaruh terhadap kepercayaan pelanggan. Kesadaran merek memiliki pengaruh terhadap kepercayaan pelanggan dan minat pembelian. Kepercayaan pelanggan memiliki pengaruh terhadap minat pembelian. Kepercayaan mampu menjembatani pengaruh citra perusahaan terhadap minat pembelian.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/658.834 3/PRA/p/2016/041700439 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 26 Apr 2017 11:21 |
Last Modified: | 26 Apr 2017 11:21 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160008 |
Actions (login required)
View Item |