Pengaruh Ketersediaan Uang, Waktu, Fashion Involvement dengan Mediator Kecenderungan Hedonic Consumption dan Emosi Positif terhadap Perilaku Pembelian Impulse pada Amboina City Center (Studi pada Pemb

Pattipeilohy, VictorRinghard (2013) Pengaruh Ketersediaan Uang, Waktu, Fashion Involvement dengan Mediator Kecenderungan Hedonic Consumption dan Emosi Positif terhadap Perilaku Pembelian Impulse pada Amboina City Center (Studi pada Pemb. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu karakteristik proses pengambilan keputusan pembelian konsumen adalah perilaku pembelian impulse atau pembelian secara spontan. Penting untuk memahami tentang faktor-faktor yang memicu perilaku pembelian impulse bagi para pengelola atau pelaku bisnis retail, karena sangat membantu meningkatkan omset penjualan perusahaan. Perilaku pembelian impulse dapat terjadi bagi siapa saja saat melakukan kunjungan belanja, termasuk konsumen di Kota Ambon, saat berkunjung dan berbelanja di toko atau retail, melakukan pembelian secara impulse di antaranya dengan membeli produk pakaian. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh secara langsung maupun tidak langsung ketersediaan uang, ketersediaan waktu, fashion involvement , terhadap perilaku pembelian impulse produk fashion pakaian dengan mediator kecenderungan hedonic consumption dan emosi positif pada pusat perbelanjaan Amboina City Center. Sampel dalam penelitian ini adalah para konsumen yang berbelanja di fashion store dan berjumlah 200 responden, dengan menggunakan metode penentuan sampel accidental (insidentil). Teknik analisa data menggunakan Structural Equation Model (SEM). Hasil analisis menunjukan bahwa ketersediaan uang dan waktu berpengaruh secara langsung terhadap kecenderungan hedonic concumption dan emosi positif konsumen, dan berpengaruh secara tidak langsung melalui kedua variabel mediasi tersebut. Selanjutnya, fashion involvement terbukti dapat mempenggaruhi baik langsung maupun secara tidak langsung terhadap kecenderungan hedonic consumption , emosi positif, dan perilaku pembelian impulse produk fashion pakaian.

English Abstract

One of characteristics of consumer buying decision process is impulse buying behavior or spontaneous purchases. For managers or retail business, It is important to understand factors that trigger impulse buying behavior because it can boost companys sales. People may experince impulse buying behavior during shopping. This also occurs to consumers of fashion products in Ambon city. This study aims to investigate direct as well as indirect influence of availability of money, availability of time, fashion involvement toward impulse buying behavior of fashion products with mediators hedonic consumption tendency and positive emotions in Amboina city center. Using accidental method, 200 costumers who bought fashion products in fashion store in shopping center were selected. data was analysed using Structural Equation Model (SEM). results showed that availability of money and availability of time effects directly towards tendency hedonic concumption and positive emotions consumer and indirectly effects through both mediator variables. On contrary, fashion involvement was proved ei r directly or indirectly affecting hedonic consumption tendency, positive emotions, and impulse buying behavior of apparel fashion products.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.834 3/PAT/p/041307060
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 24 Oct 2013 09:10
Last Modified: 24 Oct 2013 09:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160005
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item