Analisis Pengaruh Pengalaman Merek Terhadap Loyalitas Merek Melalui Mediasi Kepuasan Merek dan Kepercayaan Merek (Studi Pada Kuliner Khas Kota Malang).

Panjaitan, Andrey Olaf Yeriko (2016) Analisis Pengaruh Pengalaman Merek Terhadap Loyalitas Merek Melalui Mediasi Kepuasan Merek dan Kepercayaan Merek (Studi Pada Kuliner Khas Kota Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin meningkat dan berkembangnya kegiatan usaha yang terdapat di Kota Malang, khususnya kegiatan usaha kuliner khas Kota Malang. Perkembangan dan peningkatan kegiatan usaha tersebut dipengaruhi dan ditunjang oleh beberapa hal, seperti dikenalnya Kota Malang dengan Kota Pendidikan dan Kota Wisata yang dapat menarik minat banyak orang, pengunjung, atau wisatawan untuk datang dan berkunjung ke kota ini. Semakin banyak orang, pengunjung, atau wisatawan yang datang ke kota ini akan meningkatkan pasar untuk kegiatan usaha yang terdapat di Kota Malang, khususnya kegiatan usaha kuliner khas Kota Malang. Untuk dapat meningkatkan kegiatan usahanya, sebuah badan usaha kuliner khas Kota Malang perlu membentuk sebuah merek dan loyalitas merek, dan loyalitas merek terbentuk oleh pengalaman merek, kepuasan merek, dan kepercayaan merek. Tujuan penelitian adalah untuk menelaah pengaruh pengalaman merek, kepuasan merek, dan kepercayaan merek terhadap loyalitas merek. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan Analisis Jalur (Path Analysis). Populasi adalah seluruh orang yang pernah melakukan pembelian pada 8 (delapan) obyek kuliner khas Kota Malang. Metode pengambilan sampel adalah Non Probability Sampling dan teknik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling. Sumber data adalah primer dan sekunder. Data primer adalah data hasil kuesioner dan wawancara terhadap responden. Data sekunder adalah data hasil wawancara terhadap pemilik badan usaha atau manajer badan usaha kuliner khas Kota Malang. Pengujian instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman merek memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan merek, pengalaman merek memiliki pengaruh signifikan terhadap kepercayaan merek, pengalaman merek memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap loyalitas merek, kepuasan merek memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas merek, kepercayaan merek memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas merek, pengalaman merek memiliki pengaruh secara tidak langsung yang signifikan terhadap loyalitas merek melalui mediasi kepuasan merek, dan pengalaman merek memiliki pengaruh secara tidak langsung terhadap loyalitas merek melalui mediasi kepercayaan merek.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.834 3/PAN/a/2016/041606072
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Dec 2016 13:39
Last Modified: 26 Jan 2022 03:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160004
[thumbnail of Andrey Olaf Yeriko Panjaitan.pdf]
Preview
Text
Andrey Olaf Yeriko Panjaitan.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item