Pelaksanaan Kemitraan PT. Pos Indonesia dengan Mitra Usaha dalam Pengembangan Kualitas Pelayanan (Suatu Kajian pada PT. Pos Indonesia Malang)

Oktasari, Mulinda (2010) Pelaksanaan Kemitraan PT. Pos Indonesia dengan Mitra Usaha dalam Pengembangan Kualitas Pelayanan (Suatu Kajian pada PT. Pos Indonesia Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Pos Indonesia merupakan salah satu BUMN yang bergerak di bidang jasa logistik seperti surat menyurat, keuangan (wesel, giro, cek), bidang keagenan (penjualan benda-benda pos, pembayaran pensiunan), dan bidang logistik paket pos. PT. Pos Indonesia dituntut memberikan pelayanan jasa pos kepada masyarakat yang nantinya akan berdampak pada besarnya pendapatan yang diterima perusahaan. Oleh karena itu, PT. Pos Indonesia sebagai penyedia jasa layanan publik diharapkan mampu merespon dan bersikap tanggap terhadap kebutuhan pelanggannya. Pelanggan adalah raja, yang mengandung arti bahwa dialah yang harus dilayani dan dijadikan tujuan utama kegiatan penyedia layanan publik. Peran pelanggan sangatlah penting bagi kelangsungan hidup perusahaan jasa seperti PT. Pos Indonesia karena tanpa pelanggan tidak ada artinya perusahaan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan, menganalisis dan menginterpretasikan hal-hal sebagai berikut: 1) pelaksanaan kemitraan usaha antara PT. Pos Indonesia Malang dengan mitra usaha, dan 2) faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi PT. Pos Indonesia Malang dalam pelaksanaan kemitraan dengan mitra usaha. Hasil penelitian yang dilakukan PT. Pos Indonesia Malang berusaha mendekatkan diri dengan masyarakat dan sebagai salah satu alternatif dalam melayani masyarakat dengan membuka kesempatan kepada masyarakat untuk memanfaatkan bisnis layanan yang diselenggarakan oleh pihak pos, yaitu bisnis layanan komunikasi, bisnis layanan logistik dan bisnis layanan keuangan dan keagenan. Pada penelitian di PT. Pos Indonesia Malang, peneliti menemukan fakta di lapangan bahwa hubungan kemitraan PT. Pos Indonesia Malang dengan perusahaan-perusahaan mitra dalam meningkatkan pelayanan, hanya semata-mata menjadikan PT. Pos Indonesia Malang sebagai semacam “juru bayar”/teller dan bukan sebagai mitra yang strategis dalam hal ini mitra strategis yang dimaksud adalah seperti lembaga perbankan. Saran dari peneliti adalah Agar semua bisnis layanan di PT. Pos Indonesia Malang bisa berjalan dan diminati oleh masyarakat maka pihak pos harus menciptakan inovasi-inovasi baru yang mampu menarik minat masyarakat untuk menggunakan jasa pos, selain itu PT. Pos Indonesia seharusnya menggunakan metode baru dalam pemberian pelayanan agar bisa tetap bersaing dengan perusahaan jasa swasta baik kecepatan, keamanannya dan tarif yang ditetapkan. Metode dan inovasi baru tersebut bisa melalui sistem ”One Stop Service”. Dengan One Stop Service diharapakan dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat selama 24 jam penuh. Sehingga pihak pos secara langsung tidak kehilangan pelanggan yang dapat datang ke kantor pos kapanpun juga tanpa ada pembatasan waktu yang diberikan oleh pihak pos.

English Abstract

PT. Pos Indonesia is a state owned enterprise moving in logistic service and standing for a public service provider for communication business, correspondence, finance (note, clearing account, check), agency (selling post materials, paying retirement), and post package logistic. PT. Pos Indonesia has been demanded to provide post service to public. It will give good impact on revenue accepted by company. Indeed, PT. Pos Indonesia as public service provider must be responsive and accountable to customer demand. customer is analogy of king, meaning that y have to be served and to be representation of main goal of public service provider`s activity. customer plays important role to well-being of a service company likes PT. Pos Indonesia. absence of customer only gives nothing to company. objective of research is to describe, to analyze and to interpret following issues: (1) implementation of partnership between PT. Pos Indonesia and its business partners, and (2) supporting and constraining factors dealt by PT. Pos Indonesia during partnership. Result of research indicates that PT. Pos Indonesia attempts to approach public by giving opportunity to public to use service business provided by post office, such as communication, logistic, finance and agency services. In this research, author finds that partnership made by PT. Pos Indonesia and its business partners to improve service only put PT. Pos Indonesia of Malang to merely act as “teller”, not as strategic partner. meaning of strategic partner is acting similar to function of banking institution. Research may suggest that all service businesses given by PT. Pos Indonesia must be managed properly. To attract people interest, post office should create new innovation to stimulate people interest to use post service. PT. Pos Indonesia must consider new method in giving service in order to be remaining competitive with private service company in term of speed, security and tariff. new method and innovation used in post office is “One Stop Service” system. This system is expected to give service to public for 24 hours full. post office definitely may not lose customer who is coming to post office anytime without time limit from post office.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.834 3/OKT/p/041002536
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 13 Dec 2010 09:15
Last Modified: 18 Nov 2022 06:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160003
[thumbnail of Mulinda Oktasari.pdf] Text
Mulinda Oktasari.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item