Consumers’ Perceptions and Purchasing Decision towards Yogurt - A Case Study in Malang City, East Java Province, Indonesia

Kusumastuti, Anie Eka (2012) Consumers’ Perceptions and Purchasing Decision towards Yogurt - A Case Study in Malang City, East Java Province, Indonesia. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini, konsumen percaya bahwa makanan berkontribusi langsung ke kesehatan IR. Yogurt telah menjadi makanan perah yang memfermentasi yang populer di pasar dalam beberapa tahun terakhir. Tren pasar konsumsi yogurt di Indonesia saat ini mendapatkan popularitasnya sejalan dengan meningkatnya kesadaran konsumen tentang masalah diet dan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mempelajari karakteristik sosial ekonomi konsumen terhadap yogurt, (2) untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi konsumen terhadap yogurt, (3) untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan keputusan pembelian konsumen terhadap yogurt, dan (4) Untuk mengidentifikasi strategi pemasaran Yogurt di Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Metode accidental sampling digunakan dalam penelitian ini. Empat ratus responden dipilih sebagai sampel dengan umur IR berkisar antara 15-60 tahun di kedua wilayah perkotaan dan sub-perkotaan di Kota Malang. Data primer diperoleh melalui survei kuesioner terstruktur menggunakan skala interval Likert dengan lima kategori respons (skala 1-5). Koefisien alfa Cronbach biasa digunakan untuk menguji konsistensi internal dan keandalan untuk semua item di bawah variabelnya masing-masing. Analisis deskriptif dan analisis model regresi logistik biner digunakan sebagai analisis data. Studi menemukan bahwa karakteristik sosial-ekonomi konsumen sampel di kedua daerah memiliki perbedaan dalam beberapa faktor. Konsumen perkotaan adalah perempuan, lajang, usia berkisar antara 15-20 tahun (remaja), siswa, memiliki tingkat pendapatan berkisar antara Rp. 1.000.000-1.500.000 per bulan dan cenderung mengonsumsi yogurt 2-3 kali seminggu. Karakteristik konsumen sub-perkotaan adalah perempuan, menikah, usia berkisar antara 25-30 tahun, petugas swasta, tingkat pendidikan tinggi sekitar 16 tahun dalam pendidikan formal, memiliki tingkat pendapatan berkisar antara Rp. 1.500,001-2.000.000 per bulan, dan mengkonsumsi yogurt sekitar dua minggu. Uji chi-square menunjukkan bahwa kembali lima faktor yang secara signifikan menghubungkan persepsi konsumen dalam hal 4ps terhadap yogurt di daerah perkotaan Kota Malang, yaitu usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, pekerjaan dan tingkat pendapatan. Pada tangan O R, kembali hanya dua variabel yang menunjukkan hubungan yang signifikan di daerah sub-perkotaan, yaitu jenis kelamin dan tingkat pendapatan. Pasangan penting dari faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi konsumen terhadap yogurt di daerah perkotaan adalah produk dan usia (variasi rasa / rasa, label makanan halal dan gaya hidup), harga dan tingkat pendidikan, tempat produk dan usia (kemudahan lokasi) , promosi produk dengan pekerjaan dan tingkat pendapatan. Pasangan penting dari faktor-faktor di daerah sub-perkotaan adalah produk dan jenis kelamin (variasi rasa, jaminan label makanan halal, dan gaya hidup), harga dan jenis kelamin dan tingkat pendapatan (jika harga berubah). Hasil dari analisis regresi logistik biner mengungkapkan bahwa faktor-faktor yang menentukan keputusan pembelian konsumen terhadap yogurt di kota Malang adalah usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, jenis pekerjaan, tingkat pendapatan, dan lokasi antara daerah perkotaan dan sub-perkotaan. Berdasarkan temuan penelitian ini, strategi pemasaran untuk daerah perkotaan adalah untuk meningkatkan produk yogurt (I.E., meningkatkan penambahan nilainya) dan fokus pada kebutuhan dan gaya hidup konsumen perkotaan dalam hal karakteristik perempuan dan remaja. Untuk konsumen sub-urban, pemasar harus fokus pada lokasi pasar dan memperluas / menambah sejumlah toko yogurt, meningkatkan nilai penambahan produk dengan membuat variasi rasa, menyesuaikan harga bertepatan dengan tingkat pendapatan konsumen, dan strategi promosi desain untuk meningkat Se pengetahuan konsumen sub-perkotaan tentang yogurt.

English Abstract

At present, consumers believe that foods contribute directly to ir health. Yogurt has become popular dairy-fermented food in market in recent years. Market trend of yogurt consumption in Indonesia is presently gaining its popularity in line with rising consumer consciousness on diet and health concerns. aims of this research were (1) to study socio-economic characteristics of consumers towards yogurt, (2) to identify factors influencing consumers` perceptions towards yogurt, (3) to identify factors determining consumers` purchasing decision towards yogurt, and (4) to identify marketing strategies of yogurt in Malang city, East Java province, Indonesia. Accidental sampling method was used in this study. Four hundred respondents were selected as samples with ir age range from 15-60 years in both of urban and sub-urban areas of Malang City. primary data were obtained through a structured questionnaire survey using Likert interval scale with five response categories (1-5 scale). ordinary Cronbach`s alpha coefficient was utilized to test internal consistency and reliability for all items under its respective variables. Descriptive analysis and binary logistic regression model analysis were used as data analysis. study found that socio-economic characteristics of sampled consumers in both areas had differences in some factors. urban consumers were female, single, age ranging between 15-20 years old (teenagers), students, have income level ranging between Rp. 1,000,000-1,500,000 per month and tend to consume yogurt 2-3 times a week. characteristics of sub-urban consumers were female, married, age ranging between 25-30 years old, private officers, higher education level around 16 years in formal education, had level of income ranging between Rp. 1,500,001-2,000,000 per month, and consumed yogurt around once in two weeks. Chi-square test showed that re were five factors significantly relating consumer`s perceptions in terms of 4Ps towards yogurt in urban areas of Malang city, namely age, sex, level of education, occupation and level of income. On o r hand, re were only two variables that showed significant relationships in sub-urban areas, namely sex and level of income. important pairs of factors that influenced consumers` perceptions towards yogurt in urban areas were product and age (variation of flavors/taste, halal food label and lifestyle), price and level of education, place of product and age (ease of location and distance), promotion of product with occupation and level of income. important pairs of factors in sub-urban areas were product and sex (variation of flavors, halal-food label guarantee, and lifestyle), price and sex and level of income (if prices changes). Result from binary logistic regression analysis reveals that factors determining consumer` purchasing decision towards yogurt in Malang City were age, sex, level of education, types of occupation, level of income, and location between urban and sub-urban areas. Based on findings of this research, marketing strategies for urban areas were to improve yogurt product (i.e., enhancing its value addition) and focus on urban consumers` needs and lifestyles in terms of female and teenager characteristics. For sub-urban consumers, marketers should focus on market location and expand/add number of yogurt stores, improve value addition of product by making variations of flavors, adjusting prices to be coincide with consumers` level of income, and design promotion strategy to increase se sub-urban consumers` knowledge of yogurt.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.834 3/KUS/c/041400209
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Ternak, Fakultas Peternakan
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 24 Jun 2014 09:13
Last Modified: 29 Mar 2022 07:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159998
[thumbnail of Anie Eka Kusumastuti.pdf] Text
Anie Eka Kusumastuti.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (87kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (32kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (7kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item