Pengaruh Faktor Situasional dan Reaksi Impulsif terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Produk Makanan di Avan Supermarket Kota Malang.

Harris, AlainFilmore (2010) Pengaruh Faktor Situasional dan Reaksi Impulsif terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Produk Makanan di Avan Supermarket Kota Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan bisnis ritel modern yang pesat di Kota Malang, menimbulkan persaingan yang semakin ketat antar peritel, khususnya supermarket dalam memperebutkan konsumen. Sebagai konsekuensinya, pihak pengusaha dan pengelola supermarket di Kota Malang harus senantiasa memahami perilaku konsumen secara keseluruhan, di mana didalamnya menyangkut proses keputusan pembelian. Literatur pemasaran menyatakan bahwa banyak faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian, salah satunya adalah faktor situasional. Pemahaman tentang pengaruh situasional terhadap keputusan pembelian konsumen akan membantu pengelola-pengelola supermarket di Kota Malang dalam penyusunan rencana dan pelaksanaan strategi ritel yang tepat dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh langsung faktor situasional terhadap keputusan pembelian impulsif (2) Mengetahui pengaruh tidak langsung faktor situasional terhadap keputusan pembelian impulsif melalui reaksi impulsif dan (3) Mengetahui pengaruh reaksi impulsif terhadap keputusan pembelian impulsif. Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian penjelasan ( explanatory research) , yaitu menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesa. Jumlah sampel yang diteliti adalah 140 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur ( path analysis ). Hasil dari penelitian ini adalah (1) Faktor situasional berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap keputusan pembelian impulsif (2) faktor situasional tidak berpengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung terhadap keputusan pembelian impulsif melalui reaksi impulsif. (3) reaksi impulsif tidak berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap keputusan pembelian impulsif. Saran bagi Avan Supermarket adalah membenahi ekterior dan interior agar konsumen dapat berbelanja sekaligus melakukan rekreasi dan melengkapi produk makanan seperti buah-buahan serta senantiasa mengikuti perkembangan produk makanan di tanah air.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.834 3/HAR/p/041002563
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Feb 2011 08:58
Last Modified: 04 Feb 2011 08:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159993
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item