Perilaku Perpindahan Merk oleh Perokok Wanita Dewasa di Malang Raya

Tjomardi, Elisa (2012) Perilaku Perpindahan Merk oleh Perokok Wanita Dewasa di Malang Raya. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menggali dan mengkaji tentang penyebab dasar perpindahan merk rokok oleh perokok wanita dewasa di Malang Raya, kecenderungan tingkat perpindahan merk rokok oleh perokok wanita dewasa di Malang Raya, dan jenis/kriteria rokok yang disukai/dibutuhkan oleh perokok wanita dewasa di Malang Raya saat ini serta alasan yang mendasari para perokok wanita dewasa di Malang Raya menyukai jenis rokok tersebut. Para informan dalam penelitian ini didapatkan dengan menggunakan metode snowball sampling, sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam terhadap setiap informan. Analisis data dimulai dengan menggunakan teknik koding. Memasuki tahap selanjutnya, peneliti mulai memberikan perhatian pada substansi data yang dikumpulkan dengan melaksanakan analisis tematik untuk menemukan pola dan menghasilkan daftar tema-tema atau kategori-kategori yang dapat mendeskripsikan fenomena dalam perpindahan merk rokok oleh perokok wanita dewasa di Malang Raya. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, ditemukan bahwa ada tiga hal yang menjadi penyebab dasar perpindahan merk oleh perokok wanita dewasa di Malang Raya, yaitu pengaruh kelompok acuan ( reference group ), kecocokkan di sensory properties , dan perubahan sensory properties saat akan kembali ke merk sebelumnya. Analisis data penelitian juga menunjukkan bahwa seiring dengan pertambahan usia, terjadi penurunan tingkat perpindahan merk rokok oleh perokok wanita dewasa di Malang Raya. Sedangkan analisis terhadap jenis atau kriteria rokok yang lebih disukai atau dibutuhkan oleh perokok wanita dewasa di Malang Raya menunjukkan bahwa sebagian besar informan lebih memilih jenis rokok SKM Mild dan SPM sebagai rokok utama. Hal ini dikarenakan citra negatif yang disandang oleh rokok jenis SKT dan SKM Reguler. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu sumber informasi dan referensi dalam menentukan strategi yang lebih tepat dan efektif bagi produsen rokok di Malang Raya yang ingin menembak peluang di segmen perokok wanita dewasa, baik dalam hal perencanaan produk baru, produksi, maupun strategi pemasarannya.

English Abstract

This research uses a qualitative approach to explore and learn about basic causes of cigarettes brand switching by adult female smokers in Malang Raya, a tendency of cigarettes brand switching levels of adult female smokers in Malang Raya, and type/criteria of preferred/required cigarettes of adult female smokers in Malang Raya, as well as underlying reason of adult female smokers in Malang to like se types of cigarettes. informants in this study are obtained using snowball sampling method, while data collection is done through in-depth interviews with each informant. Data analysis began by using coding techniques. Entering next phase, researcher is beginning to pay attention to substance of data collected by conducting a matic analysis to discover patterns and generate a list of mes or categories that can describe phenomenon in cigarettes brand switching by adult female smokers in Malang Raya. Based on analysis of research data, is found that re are three things that be fundamental causes of brand switching by adult female smokers in Malang Raya, that are influence of reference group, fitness with sensory properties, and changes in sensory properties when going back to previous brand. Data analysis also showed that with age, re is a decline in cigarettes brand switching levels by adult female smokers in Malang Raya. While analysis of type/criteria of preferred/required cigarettes by adult female smokers in Malang Raya shows that most informants prefer type of SKM Mild and SPM cigarettes as a main cigarette. This is because negative image that is carried by type of Regular SKT and SKM cigarette. results of this study is expected to be one source of information and reference in determining more appropriate and effective strategies for cigarette producers in Malang Raya who want to shoot opportunities in this segment of adult female smokers, both in terms of new product planning, production, and marketing strategies.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.834 2/TJO/p/041204178
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 30 Nov 2012 13:28
Last Modified: 30 Nov 2012 13:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159981
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item