Perilaku Konsumen dalam Pembelian Produk Kosmetik Merek Pond’s Palsu (Studi pada Konsumen Di Kota Malang)

Sari, RiscaKurnia (2012) Perilaku Konsumen dalam Pembelian Produk Kosmetik Merek Pond’s Palsu (Studi pada Konsumen Di Kota Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri kosmetik yang berkembang pesat menyebabkan persaingan yang ketat pada produk kosmetik legal maupun ilegal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seperti apa konsumen dalam membeli dan menggunakan produk POND`S palsu, menggali penyebab dasar konsumen dalam membeli dan menggunakan produk POND`S palsu, serta untuk mengetahui perilaku konsumen dalam menanggapi peredaran produk POND`S palsu. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian kualitatif fenomenologis yaitu penelitian yang mengungkap dan memahami makna ( noumena ) yang ada dibalik fenomena tindakan dari masing-masing individu yang melakukan berbagai tindakan atas dasar persepsi sendiri serta berbagai aspek yang melatarbelakangi tindakannya. Jumlah informan dalam penelitian ini 6 orang. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan metode snowball sampling. Temuan yang berupa proposisi menunjukkan bahwa (1) Merek yang sudah terkenal ( brand image ) menjadi salah satu alasan konsumen memilih untuk membeli merek POND`S (2) Rangsangan pemasaran berupa iklan di televisi, produk yang sesuai dengan kebutuhan, dan harga yang terjangkau menstimuli konsumen untuk membeli produk kosmetik merek POND`S (3) Harga yang murah menjadi pertimbangan utama dalam mendorong konsumen membeli produk POND`S palsu (4) Loyalitas konsumen yang tinggi terhadap merek POND`S menjadikan mereka memutuskan untuk membeli produk POND`S palsu tanpa mempertimbangkan arti kesehatan dan keaslian suatu produk (5) Kelompok referensi antara lain teman sekantor dan pegawai toko di mana produk tersebut dijual mendorong konsumen membeli produk POND`S palsu (6) Motivasi untuk mencoba produk baru dan kepercayaan kepada merek POND`S Unilever sebagai merek yang bagus mendorong konsumen membeli produk POND`S palsu (7) Dari beberapa sumber informasi, seperti sumber pribadi (rekan sekantor) dan komersial (iklan di televisi) yang membuat konsumen mempertimbangkan pemilihan kosmetik merek POND`S dan POND`S palsu.

English Abstract

Rapidly growing cosmetic industry has stiff competition in cosmetic products both legal and illegal. purposes of this study were to determine what consumers in buying and using counterfeit products POND`S, explores causes of consumers in buying and using counterfeit products POND`S and to learn about consumer behavior in response to circulation of counterfeit products POND`S. Research conducted is a type of qualitative phenomenological research that reveal and understand meaning (noumena) behind phenomenon of actions of individuals who perform various actions on basis of ir own perceptions as well as aspects of background of action. number of informants in this study are six (6) people. Sampling method of this study used purposive sampling with snowball sampling method. findings in form of proposition shows that (1) brand is known (brand image) to be one of reasons consumers choose to buy (2) stimulation of brand POND`S marketing such as advertising on television, product that suits your needs and at an affordable price to stimulate consumers to buy (3) cheap price cosmetics brand POND`S main considerations in encouraging consumers to purchase counterfeit products POND`S (4) customer loyalty is high on POND`S brand that made m decide to buy fake POND`S Products without considering meaning of health and au nticity of a group (5) Reference products, including friends work toge r and store employees where product is sold to encourage consumers to buy fake POND`S products (6) Motivation to try new products and confidence in brand POND`S Unilever as a good brand encourages consumers to buy products POND`S fake (7) information from various sources, such as private sources (office colleagues) that make consumers considering cosmetic brands election POND`S and POND`S counterfeit.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.834 2/SAR/p/041204088
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 28 Nov 2012 11:48
Last Modified: 28 Nov 2012 11:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159979
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item