Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Ayam Goreng Cepat Saji (fast food) di Kota Malang

Santoso, ErikPriyo (2011) Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Ayam Goreng Cepat Saji (fast food) di Kota Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui pengaruh dari variabel faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologis dan faktor bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian ayam goring cepat saji ( fast food ) di Kota Malang. 2. Untuk mengetahui di antara faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yang meliputi variabel faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologis dan faktor bauran pemasaran yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian ayam goreng cepat saji ( fast food ) di Kota Malang. Penelitian ini dilakukan pada konsumen ayam goring cepat saji ( fast food ) medium di kota Malang (Pulosari fried chicken , Quick chicken danYami fried chicken ). Yang berusia antara 15-50 tahun. Metode pengambilan sampel adalah insidetal sampling, hal ini dilakukan agar hasil penelitian ini sesuai dengan harapan peneliti. Jumlah sampel sebanyak 105 responden. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Structural Equation Model berbasis Partial Least Square (Analisis PLS) . Karakteristik responden didasarkan pada jenis kelamin, usia, pekerjaan, besarnya penghasilan per bulan, frekuensi kunjungan, lama responden mengkonsumsi produk makanan cepat saji, alas an responden memilih produk makanan cepat saji, alasan membeli makanan cepat saji, waktu membeli dan dengan siapa responden membeli. Dari hasil analisis statistic uji Structural Equation Model berbasis Partial Least Square (Analisis PLS) untuk masing-masing faktor lebih dari nilai kritis yang ditentukan, dengan tingkat kepercayaan sebesar 95% dapat disimpulkan bahwa faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikolgis mempunyai pengaruh nyata terhadap keputusan pembelian ayam goring cepat saji di kota Malang. (sehingga hipotesis 1 terbukti). Berdasarkan hasil analisis Model Struktural PLS ( Structural Equation Model berbasis Partial Least Square) diketahui bahwa dari seluruh variabel yang mempengaruhi perilaku konsumen yang diteliti faktor budaya berpengaruh siknifikan sebesar 0.162, faktor sosial berpengaruh siknifikan sebesar 0.185, faktor pribadi berpengaruh siknifikan sebesar 0.202 faktor psikologis berpengaruh siknifikan sebesar 0.418 dan factor bauran pemasaran berpengaruh siknifikan sebesar 0.342 terhadap pembelian ayam goring cepat saji ( fast food ) di Kota Malang. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa faktor psikologis merupakan faktor yang dominan atau paling berpengaruh sebesar 0,418 dalam keputusan pembelian ayam goring cepat saji di kota Malang. Hal ini bisa dilihat dari besarnya pengaruh masing–masing faktor pada hasil output Smart PLS. (Sehingga hipotesis II telah terbukti).

English Abstract

purpose of this study was to determine effect of variable of cultural factors, social factors, personal factors, psychological factors and marketing mix factors on fried chicken (fast food) purchase decision in Malang. Ano r purpose of this study was to determine among factors that influence consumer behavior which include variable of cultural factors, social factors, personal factors, psychological factors and marketing mix factors that have a dominant influence on fried chicken (fast food) purchase decisions in Malang. research was conducted at medium fast food consumers in city of Malang (Pulosari fried chicken, Quick Chicken and Yami Fried Chicken). This type of study is explanatory in which respondents were medium consumers of fried chicken (fast food) in Malang aging between 10-55 years old w ith a total sample of 105 respondents. Analysis tool used is Partial Least Square-based of Structural Equation Model Analysis (PLS analysis). With a confidence level of 95%, it can be concluded that cultural factors, social factors, personal factors and psychological factors have a real influence on fast food fried chicken purchase decisions in city of Malang. It can be seen from statistical test, Partial Least Square-based of Structural Equation Model Analysis (PLS analysis), for each factor over specified critical value. refore, first hypo sis has been proven. Based on results of analysis of PLS Structural Models (Partial Least Square-based of Structural Equation Model Analysis), it is seen that all variables that influence behavior of consumers who were researched show that cultural factors have 0.162 influential numbers, social factors have 0.185 influential numbers, personal factors have 0.202 influential numbers, psychological factors have 0.418 influential numbers and marketing mix factors have 0.342 influential numbers toward purchase of fried chicken (fast food). From se data, it is explained that psychological factors are most dominant and influential variables or about 0.418 influential numbers in purchase decisions of fast food fried chicken in city of Malang. This can be seen from large influence of each factor on outcome of Smart PLS. refore, second hypo sis has been proven.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.834 2/SAN/p/041201135
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Studi Ketahanan Nasional, Program Pascasarjana
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 28 Jun 2012 13:42
Last Modified: 28 Jun 2012 13:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159978
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item