Peran Store Atmosphere dan Positive Emotion sebagai Mediasi Pengaruh Fashion Involvement terhadap Fashion Oriented Impulse Buying di Distro Kota Malang

Purwanto, Nuri (2011) Peran Store Atmosphere dan Positive Emotion sebagai Mediasi Pengaruh Fashion Involvement terhadap Fashion Oriented Impulse Buying di Distro Kota Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

P erilaku pembelian yang tidak direncanakan unplanned buying atau impulsive buying merupakan pangsa pasar terbesar dalam pasar modern khususnya untuk bisnis ritel. Fenomena “ impulse buying“ merupakan sesuatu yang harus diciptakan. Menciptakan ketertarikan secara emosional diibaratkan seperti memancing dorongan konsumen untuk membeli dan mengkonsumsi sebuah produk atau merek tertentu. Konsumen yang tertarik secara emosional seringkali tidak menggunakan rasionalitas dalam proses pengambilan keputusan Konsumen sebagai pengambil keputusan pembelian atau yang berpengaruh dalam proses pengambilan keputusan tersebut, perlu dipahami melalui suatu penelitian yang teratur. Strategi yang tepat dan trik khusus perlu dimiliki, tentunya faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian secara impulse buying perlu diketahui supaya dapat mencapai apa yang diingkan oleh para pemasar yaitu untuk mendapatkan profit atau keuntungan. Tujuan penelitian ini adalah Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh fashion involvement terhadap positive emotion. (2) untuk mengetahui pengaruh fashion involvement terhadap store atmosphere (3) untuk mengetahui pengaruh fashion involvement terhadap fashion oriented impuls buying . (4) untuk mengetahui pengaruh positive emotion terhadap fashion oriented impulse buying , (5) untuk mengetahui pengaruh store atmosphere terhadap fashion oriented impulse buying , (6) untuk mengetahui pengaruh fashion involvement terhadap fashion oriented impulse buying melalui positive variabel positive emotion (7) untuk menguji pengaruh fashion involvement t erhadap fashion oriented impulse buying melalui variabel store atmosphere Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian penjelasan ( explanatory research) , yaitu menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesa. Jumlah sampel yang diteliti adalah 100 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur ( path analysis ). Hasil dari penelitian ini adalah (1) Fashion involvement berpengaruh terhadap positive emotion saat berbelanja. (2) Fashion involvement berpengaruh terhadap store atmosphere distro (3) Fashion involvement berpengaruh terhadap impulse buying (4) Positive emotion saat berbelanja mempengaruhi konsumen untuk membeli produk distro secara impulse (5) Store atmosphere tidak berpengaruh terhadap impulse buying (6) Positive emotion dapat memediasi pengaruh antara fashion involvement ke impulse buying (7) Store atmosphere tidak dapat memediasi pengaruh antara fashion involvement ke impulse buying .

English Abstract

Purchase behavior that is not planned or unplanned buying impulsive buying is biggest market share in modern market, especially for retail businesses. phenomenon of "impulse buying" is something that must be created. Creating an emotional attraction is like fishing urge consumers to buy and consume a certain product or brand. Consumers are attracted emotionally often do not use rationality in consumer decision-making process as decision makers who purchase or influence decision making process, needs to be understood through a study regularly. right strategy and needs to have a special trick, of course, factors that influence consumers in making purchases on impulse buying needs to know in order to achieve what marketers wont, is to gain profit or advantage. results of this study were (1) Fashion involvement influence positive emotion when shopping. (2) Fashion involvement influence store atmosphere (3) Fashion involvement influence store fashion oriented impulse buying (4) Positive emotion when shopping influence fashion oriented impulse buying (5) Store atmosphere can`t influence fashion oriented impulse buying (6) Positive emotion can mediate between fashion involvement to influence impulse buying (7) Store atmosphere can`t mediate between fashion involvement to impulse buying .

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.834 2/PUR/p/041104525
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 26 Oct 2011 15:57
Last Modified: 26 Oct 2011 15:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159973
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item