Penerapan Teori Perilaku Berencana, serta Pengaruh Subbudaya Punk terhadap Perilaku Pembelian Merchandise Punk Impor (Studi pada Komunitas Punk Bali)

Pransuamitra, PutuAgus (2012) Penerapan Teori Perilaku Berencana, serta Pengaruh Subbudaya Punk terhadap Perilaku Pembelian Merchandise Punk Impor (Studi pada Komunitas Punk Bali). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Punk berkembang pesat di Indonesia khususnya di Bali mulai awal tahun 2000, ditandai dengan banyak bermunculannya band-band beraliran punk dan para penggemar-penggemar mereka. Jika dilihat dari media sosial salah satu band Punk di Bali yang berada pada jalur indie label memiliki 31.568 penggemar, dan band-band Punk lainnya yang juga berada pada jalur indie label rata-rata memiliki ribuan penggemar. Sedangkan grup band Punk asal Bali yang berada pada jalur mayor label dan sudah dikenal secara nasional memiliki 3.216.930 penggemar. Perkembangan itu juga berdampak pada peningkatan permintaan terhadap merchandise punk impor yang mencerminkan subbudaya tersebut. Penelitian ini bertujuan mendapatkan bukti empirik tentang penggunaan teori perilaku berencana dan pengaruh subbudaya punk terhadap perilaku pembelian merchandise punk impor pada komunitas punk Bali. Sampel penelitian ini sebanyak 100 anggota komunitas punk Bali, dengan teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap, norma subyektif, dan kontrol perilaku berpengaruh signifikan terhadap niat pembelian, serta kontrol perilaku, subbudaya punk, dan niat pembelian berpengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian.

English Abstract

Punk grows rapidly in Indonesia especially in Bali. It began in early of 2000, marked by emergence of many punk bands and ir fans. Based on data from social medias, amount of punk band with independent label in Bali approxiamately 31.568 people and o r punk bands also have thousands fans average. While punk band with major label and to be known nationally, have approximately 3.216.930 fans. This growth also affects in increasing demand for imported merchandise that reflects Punk subcultures. purpose of this study is to get empirical evidence about use of ory of planned behavior and punk subcultures effect on purchasing behavior. sample is 100 members of punk community in Bali and path analysis is used as analysis technique. result of this study indicates attitude toward behavior, subjective norms, and perceived behavioral control have significant effect on intention to buy. Perceived behavioral control, punk subcultures and intention to buy affect significant on purchasing behavior.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.834 2/PRA/p/041204077
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 07 Dec 2012 10:28
Last Modified: 07 Dec 2012 10:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159972
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item