Pengambilan Keputusan Pembelian Rumah Oleh Konsumen Rumah Kategori First Time Owner (FTO) Dan Non First Time Owner (NFTO) : Studi Pada Konsumen Rumah Di Wilayah Malang Raya

Mahardani, AhmadSubhan (2010) Pengambilan Keputusan Pembelian Rumah Oleh Konsumen Rumah Kategori First Time Owner (FTO) Dan Non First Time Owner (NFTO) : Studi Pada Konsumen Rumah Di Wilayah Malang Raya. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rumah mempunyai dua fungsi sekaligus, yaitu sebagai tempat hunian dan sebagai sarana untuk berinvestasi. Bisnis properti khususnya pada sektor perumahan saat ini dapat dikatakan sebagai bisnis yang paling menjanjikan di tanah air. Beberapa hal yang melatari menggeliatnya bisnis properti di Indonesia adalah nilai properti itu sendiri yang dari waktu ke waktu akan terus naik, selain itu jumlah penduduk yang selalu bertambah juga menciptakan permintaan akan rumah yang juga akan terus bertambah. Berdasarkan kategorinya, konsumen rumah dapat dibedakan menjadi kategori First Time Owner dan kategori Non First Time Owner. Pemahaman dan pengidentifikasian secara akurat akan preferensi-preferensi dari kedua kategori konsumen rumah tersebut akan sangat membantu dalam perumusan-perumusan strategi-strategi pemasaran secara lebih spesifik. Dengan demikian, strategi pemasaran yang dilakukan oleh para pemasar perumahan akan lebih efektif dan tepat sasaran. Penelitian ini dilakukan di wilayah Malang Raya. Populasi penelitian ini adalah perumahan di wilayah Malang Raya, sedangkan sampel penelitian berjumlah total 115 orang yang meliputi user di Perumahan Tirtasari Residence, Sulfat Erfina Residence, dan Lawang View. Pengambilan data dilakukan dengan Kuesioner. Dalam penelitian ini, Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi berganda. Hasil Penelitian yang diperoleh, pada konsumen rumah kateori First Time Owner, variabel Lokasi, Harga, Privasi, Desain Rumah, dan Fasilitas Umum berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian rumah. Variabel Lokasi, Harga, Privasi, dan Fasilitas Umum berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian rumah. Sedangkan Variabel Desain Rumah berpengaruh tidak signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian rumah. Adapun untuk konsumen rumah kategori Non First Time Owner, variabel Lokasi, Harga, Privasi, Desain Rumah, dan Fasilitas Umum berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian rumah. Variabel Lokasi, Harga, Desain rumah, dan Fasilitas Umum berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian rumah. Sedangkan Variabel Privasi berpengaruh tidak signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian rumah. Dari kedua kategori konsumen rumah tersebut, Variabel lokasi menjadi variabel dominan yang mempengaruhi keputusan pembelian rumah.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.834 2/MAH/p/2010/041003174
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 15 Mar 2011 10:33
Last Modified: 15 Mar 2011 10:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159968
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item