Analisis Pengaruh Motivasi, Kepribadian, dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi pada Bank Sinarmas Syariah Jakarta)

Dhestyana, Shinta (2012) Analisis Pengaruh Motivasi, Kepribadian, dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi pada Bank Sinarmas Syariah Jakarta). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dewasa ini telah mengemuka bahwa agama bukan hanya penentu keputusan yang melandasi seseorang untuk menjadi nasabah pada bank syariah. Ada beberapa alasan lain yang mendasari decision-making konsumen menjadi latar belakang penelitian ini dilakukan. Bank Sinarmas dipilih sebagai objek penelitian ini karena memiliki unit usaha yang relatif baru beroperasi di sektor bank syariah. Penelitian menyebarkan kuesioner kepada responden terpilih sejumlah 98 orang yang sudah menjadi deposan pada bank tersebut. Secara umum, penelitian menyusun instrumen kuesioner dilandasi konsep perilaku konsumen. Tiga variabel independen yang diteliti merupakan turunan dari konsep tersebut, yaitu, motivasi, kepribadian, dan gaya hidup sebagai faktor penentu pengambilan keputusan pelanggan. Kuesioner terdiri dari 19 item untuk mengukur tiga variabel bebas dan 6 item untuk mengukur decision-making pelanggan. Setiap variabel yang diukur dalam pertanyaan memiliki aspek-aspek dan proses penyusunannya berdasarkan tinjauan literatur terkait. Penelitian menggunakan analisis regresi sebagai alat utama untuk pengujian hipotesis, dan analisis faktor digunakan untuk mendukung hasil statistik deskriptif. Hasil-hasil utama yang diperoleh dari penelitian ini antara lain sebagai berikut: 1) Semua variabel independen yang diuji didapatkan signifikan dalam mempengaruhi keputusan menjadi nasabah bank syariah. 2) Dari koefisien beta regresi menunjukkan tingkat pengaruh dari variabel gaya hidup dan variabel kepribadian relatif lebih tinggi dari variabel motivasi. 3) Analisis faktor konfirmatori digunakan untuk mengkonfirmasikan apakah indikator-indikator pada kuesioner sesuai dengan tiga variabel laten yang diukurnya. Parameter model diestimasi menggunakan metode kemungkinan maksimum. Hasilnya adalah variabel Motivasi, Kepribadian, dan Gaya Hidup dapat diukur dengan 19 item pertanyaan dalam kuesioner, di mana, indikator yang mengukur gaya hidup dan kepribadian relatif memiliki nilai parameter loading yang lebih tinggi daripada variabel motivasi. Secara umum, dari hasil penelitian dapat dibahasakan secara kualitatif bahwa responden memiliki kecenderungan untuk lebih memperhatikan profit investasinya daripada faktor agama, dan menjelaskan mengapa motivasi berpengaruh relatif lebih rendah dan memiliki nilai loading factor rendah. Implikasi lainnya adalah responden tampaknya memiliki kesadaran terhadap pentingnya berinvestasi dan memiliki keyakinan bahwa bank memiliki prospek masa depan yang menguntungkan bagi investasi mereka.

English Abstract

se days it is raised that religion is not just a determinant that underlies a person`s decision to become customers of Islamic banks. re are several o r basis raised so that research was conducted. Sinarmas bank choosen as object of this study since it has a relatively new business unit operates in islamic bank sector. This study distributing questionnaires to selected respondents numbered 98 people whose already been depositor on bank. In general, I dispatched questionnaire instruments from concept of consumer behavior. three independent variables choosen are derived from concept, namely, motivation, personality, and lifestyle as determinants customer`s decision-making. questionnaire consisted of 19 items to measure three, and, 6 items to measure customer`s decision making itself. Each variable measured in question has aspects based on literature review. I used regression analysis as main tools for hypo sis testing, also confirmatory factor analysis used to support descriptive statistics result. Research main results are as follows: 1) All independent variables tested significantly effect customer`s decision making. 2) From regression betas indicated degree of influence from lifestyle and personality relatively higher than motivation. 3) Confirmatory factor analysis is used to fit indicators build three latent variables. parameters of model be estimated using maximum likelihood method. result are latent variables Motivation, Personality, and Lifestyle could be measured by items arranged in questionnaire, which items that measured lifestyle and personality in majority relatively had higher loading value than motivation. Generally speaking, result qualitatively implies that respondents had propensity to be more concerned in profit than religion, which is why motivation has relatively low effect and low loading value. O r implication are respondents seemed well-awared toward investment and have confidence that bank has a favorable future prospects for ir investment.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.834 2/DHE/a/041204078
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 28 May 2013 10:53
Last Modified: 28 May 2013 10:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159963
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item